Family Health Mom's Corner

Emergency Kit: Persiapan Perlengkapan Untuk Bencana

Bencana alam khususnya gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia, perlu adanya perhatian khusus. Tidak hanya dari pemerintah namun sebagai orangtua juga harus memperhatikan keselamatan keluarga. Nah salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum terjadinya gempa adalah emergency kit (perlengkapan darurat).

Apa saja yang harus dipersiapkan dalam emergency kit? Yuk,catat daftarnya

Daftar Emergency Kit Untuk Gempa Bumi

Isi emergency kit tentunya berbeda dengan isi kotak P3K. Emergency kit untuk gempa bumi haruslah berisi bahan makanan, minuman dan obat-obatan yang bisa mendukung kehidupan seseorang sebelum bantuan datang.

Jumlah persediaan dari emergency kit sendiri harus cukup setidaknya dalam waktu 72 jam atau 3 hari per orang. Oleh karena itu, emergency kit harus meliputi:

  • Air Minum

Air minum sangat penting bagi tubuh manusia. Hal ini karena 50-70% tubuh manusia terdiri dari air. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mencegah dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi maka fungsi organ vital bisa terganggu.

Oleh karena itu siapkan air minum sebanyak 2 liter per hari per orang. Tambahkan juga minuman siap saji seperti jus dan susu. Sebaiknya tempatkan air minum dalam botol plastik anti pecah. Sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Tambahkan juga minuman siap minum seperti jus dan susu. Usahakan setiap minuman memiliki kemasan yang tidak mudah rusak. Hidari membawa minuman dengan kemasan karton.

  • Makanan

Selain air minum, hal penting yang harus ada dalam emergency kit yaitu makanan. Makanan yang dimaksud harus memenuhi syarat:

√ Tidak mudah busuk atau basi

√ Tidak mudah membuat haus

√ Makanan yang mudah membuat kenyang

Nah, beberapa pilihan makanan yang bisa dimasukan dalam daftar emergency kit adalah agar-agar atau jelly, makanan kaleng seperti sarden dan buah kaleng. Selain itu siapkan juga makanan yang kaya energi seperti energy bar (sejenis biskuit), crakers dan granola bars. Jangan lupa tambahkan permen atau lolipop. Permen sendiri berfungsi untuk meredakan stres dan menambah energi pada tubuh.  

Hindari memasukan makanan seperti beras, pasta dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini justru membutuhkan banyak air untuk mengkonsumsinya. Saat keadaan darurat konsumsi air harus sangat diperhitungkan.

  • Kotak P3K

Dalam mempersiapkan emergency kit, Parents juga harus mempersiapkan kotak P3K. Nah beberapa hal mendasar yang harus ada dalam kotak P3K tersebut adalah perban steril, gunting, hidrogen peroksida untuk mencuci dan mensterilkan luka, salep antibiotik, aspirin atau obat sakit kepala, obat diare, obat tetes mata dan kacamata untuk menghindari debu masuk mata.

  • Sanitasi

Sediakan peralatan sanitasi dalam emergency kit anda. Beberapa peralatan sanitasi yang harus dimiliki adalah tisu toilet, perlengkapan wanita seperti pembalut wanita, kantong plastik, sabun cair, dan disinfektan.

  • Peralatan Lain

Peralatan lain yang harus ada dalam emergency kit antara lain peluit yang digunakan untuk meminta pertolongan, senter, ekstra baterai, korek api, dan lilin.

Jangan lupa juga tambahkan sepatu yang kokoh. Gunanya untuk melindungi kaki dari pecahan kaca dan pecahan bangunan pasca gempa. Selain itu masukan juga selimut dan baju hangat di dalam emergency kit.

  • Dokumen Penting

Dokumen penting yang sebaiknya dimasukan dalam emergency kit adalah informasi tentang data diri pribadi dan keluarga, paspor, polis asuransi dan nomor telepon penting. Khusus untuk nomor telepon penting jangan lupa masukkan nomor telepon BASARNAS (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional) dalam daftar nomor telepon penting. Gunanya untuk meminta pertolongan saat terjadi gempa bumi.

perlengkapan untuk bencana

Reminder

  • Sediakan air minum yang cukup bagi tiap orang
  • Sediakan makanan yang mengandung banyak energi
  • Hindari membawa makanan yang menimbulkan rasa haus
  • Kemasan pada makanan dan minuman harus kuat dan tidak mudah pecah atau bocor.
  • Pastikan untuk membawa P3K
  • Bawa dokumen penting khususnya nomor telepon BASARNAS

Tidak ada yang tahu kapan gempa bumi atau bencana alam lain datang. Yang wajib kita ketahui adalah bagaimana cara melindungi diri dan keluarga dekat kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk tahu apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gempa. Termasuk di dalamnya mengetahui barang penting apa saja sih yang harus dibawa saat terjadi gempa. Nah daftar di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk melengkapi emergency kit.

Baca Juga :

  1. Gempa Bumi? Apa Saja yang Harus Dilakukan?
  2. Pahami Trauma Pasca Bencana: Atasi dengan Langkah Ini
  3. Apa Saja yang Harus Ada di Kotak P3K?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *