Banner Header Komunitas SOP

Kode Etik Pertemanan Ibu-Ibu

Browse By

Menjadi Mama-mama, Ibu-Ibu, atau emak-emak memang tidak mudah. Di samping harus mengurus semua keperluan anak, suami dan keperluan rumah tangga lainnya, menjadi seorang mama dianggap berat karena harus terus berhubungan baik dengan sesama mama lainnya.  

Nah, agar Anda terus bisa berhubungan baik dengan mama lainnya, tidak ada salahnya loh mematuhi beberapa kode etik dalam menjalin hubungan pertemanan sesama ibu. Apa saja sih aturan yang perlu Anda perhatikan?

Kode Etik Berteman Ala Ibu-Ibu

  • Berusaha baik pada semua orang

Kode etik pertama yang perlu Anda patuhi saat menjadi Ibu dan berteman dengan sesama Ibu adalah berusaha baik pada semua orang. Jadilah Ibu yang bijak dan gunakan kemampuan yang Anda miliki untuk menolong Ibu lain jika diperlukan. Bukan berarti Anda harus jadi pahlawan, tapi tidak ada salahnya toh menolong Ibu lain yang kesulitan saat Anda memang mampu melakukannya?

  • Mudah memaafkan sesama Ibu

Adakalanya hubungan pertemanan yang Anda jalin dengan Ibu lain mengalami masalah tertentu. Hal ini wajar terjadi karena perbedaan sudut pandang akan sesuatu. 

Namun, sebaiknya jangan terlalu memperpanjang masalah dan jangan jadikan masalah kecil menjadi besar. Akan lebih baik jika saling memaafkan satu sama lain. Inilah aturan lain yang perlu dipahami sesama ibu.

  • Katakan sejujurnya tanpa menyakiti perasaan Ibu lain

Jujur adalah langkah terbaik, meskipun kejujuran yang Anda ungkapkan kadang menyakitkan. Namun, akan lebih baik mengatakan kejujuran daripada terus berbohong pada Ibu-ibu lain tentang suatu hal. Anda tentu saja bisa mengemas kejujuran dengan kalimat santun dan lembut agar tidak terlalu menyakiti hati Ibu lain.

Misalnya, saat salah satu Ibu bertanya apakah pakaiannya pantas dikenakan di acara perpisahan sekolah anak. Jika pakaian tersebut memang kurang cocok, maka katakan sebenarnya dan berikan pertimbangan pakaian lain yang lebih cocok untuk Ibu tersebut. Lakukan hal ini tanpa menyakiti perasaannya.

  • Sayangi sesama Ibu

Sebagai sesama Ibu memang harus saling bantu dan saling dukung. Khususnya saling dukung tentang perkembangan anak. Bukankah kita semua mengalami fase yang sama sebagai seorang Ibu? Maka dari itu, sayangi Ibu lain sama seperti Anda menyayangi diri sendiri. Inilah kode etik lain yang perlu Anda perhatikan saat berteman sesama ibu.

Kode etik pertemanan ibu-Ibu

  • Mengatakan “Tolong”, “Terima kasih”, “Maaf” adalah hal wajib

Usahakan selalu katakan “tolong” saat ingin meminta bantuan Ibu lain, katakan “terima kasih” setelah menerima bantuan, dan jangan lupa katakan “maaf” apabila kita melakukan sesuatu yang salah. Kode etik yang satu ini nampak sederhana, tapi seringkali terlupakan.

  • Bersenang-senang dengan Ibu lain

Ibu memang harus berteman, sehingga penting bagi Anda untuk bersenang-senang dengan Ibu-Ibu lainnya. Tinggalkan semua permasalahan yang mungkin mengganjal karena konflik sebelumnya, dan ajaklah Ibu lain untuk bersenang-senang. Misalnya, pergi shopping bersama, atau sekedar ngobrol di tempat tertentu.

  • Hindari saling bergosip, mengejek, nyinyir dan menjatuhkan

Kode etik sesama ibu yang perlu Anda patuhi berikutnya adalah, hindari saling bergosip, mengejek, nyinyir apalagi saling menjatuhkan. 

Ingatlah bahwa sebagai sesama Ibu kita harus saling dukung karena tih tidak ada manfaatnya saling menjatuhkan bukan? 

  • Hindari Pertikaian

Konflik yang terjadi antar Ibu memang wajar, namun alangkah lebih baik jika Anda berusaha menghindari pertikaian dengan Ibu lainnya. 

Kode etik ini sebaiknya selalu anda ingat agar pertemanan sesama ibu bisa dijalani dengan mulus.

  • Sayangi semua anak

Jadilah Ibu yang bijak dan sayangi anak-anak. Kalimat inilah yang harus selalu dijunjung sebagai seorang Ibu. Entah, dia adalah anak Anda atau anak tetangga, sebagai seorang Ibu wajib memiliki rasa kasih sayang terhadap semua anak.

Tidak semua perempuan memahami tentang apa saja yang perlu dilakukan saat menjadi Ibu karena tidak ada aturan resmi dan baku tentang menjadi seorang Ibu. Terlebih aturan yang harus dipatuhi saat berteman dengan Ibu lainnya. 

Meskipun tidak ada aturan pasti yang wajib dipatuhi saat menjadi Ibu dan menjalin hubungan dengan Ibu lainnya, beberapa kode etik di atas seharusnya bisa kita terapkan pada diri sendiri mulai saat ini!

Baca juga:

  1. Menghindari Konflik Sesama Orangtua Murid
  2. Ibu-Ibu Wajib Berteman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *