Banner Header Promo Oktober

Ingin Tahu 10 Hal yang Dibutuhkan Anak Remaja Anda?

Browse By

Si kecil yang dulu selalu saja mengikuti kemanapun Anda pergi, sekarang sudah tumbuh semakin besar. Anak-anak yang dulu harus Anda suapi, mandikan, atau Anda rapikan rambutnya menjadi ekor kuda dengan bandana kesukaannya sekarang sudah tak membutuhkan itu lagi. Ia sudah tumbuh menjadi anak yang jauh lebih mandiri, yang menurutnya sudah tak lagi membutuhkan banyak bantuan dari Ibu atau Ayah. 

Tapi, namanya anak akan selamanya menjadi anak-anak kan? Itulah yang selalu dipikirkan para orangtua termasuk Anda tentunya. Meskipun anak-anak sudah memasuki masa pra remaja, dan sudah bisa lebih mandiri, orangtua tetap saja merasa khawatir dan selalu ingin membantu mereka mengurus dan menyelesaikan tantangan yang dihadapi sehari-hari.

Nah, kira-kira hal apa saja sih yang dibutuhkan anak remaja dari orangtuanya?

10 Hal yang Dibutuhkan Remaja dari Orangtua

  • Tunjukkan Ketertarikan Anda Pada Hobinya

Salah satu yang yang dibutuhkan anak remaja adalah ketertarikan Anda pada hobinya. Sebagai seorang remaja yang baru saja mengeksplor dunia, pasti memiliki hobi atau ketertarikan tertentu. Nah, mereka sangat butuh dukungan Anda sebagai orangtua.

Sebenarnya tidak perlu harus mengerti dan ikut menyukai hobi anak remaja Anda. cukup tunjukkan saja ketertarikan Anda pada hobinya, maka ia akan merasa didukung dan diperhatikan.  

  • Beri Dukungan dan Pujian

Namanya anak baru saja beranjak remaja, pasti sering melakukan kesalahan dan sering mendapat komentar negatif dari Anda terkait perilakunya. Namun, di luar itu mereka juga sangat butuh dukungan dan pujian dari orangtuanya sendiri.

Anda bisa juga loh memuji anak karena hal sederhana, misalnya saat ia membantu pekerjaan rumah tanpa harus diingatkan, belajar tanpa harus diingatkan berkali-kali atau mencapai prestasi di sekolah. 

  • Nasehat

Anak-anak remaja masih sangat perlu diperhatikan dan selalu diingatkan dalam berbagai hal. Maka dari itu, jangan bosan-bosan memberinya nasehat-nasehat mendidik, karena nasehat inilah yang paling dibutuhkannya saat memasuki masa remaja. 

Misalnya, beri ia nasehat tentang bagaimana mengelola uang tabungan dengan baik. Jangan sampai hanya karena ikut-ikutan teman, ia lalu membelanjakan semua uang tabungannya untuk keperluan yang belum terlalu penting. Misalnya berbagai merek make up, baju, token game online, dsb

  • Luangkan Waktu dengan Anak

Meskipun anak sudah lebih mandiri dan tidak terlalu membutuhkan Anda untuk berada di sampingnya selama 24 jam penuh, namun sebaiknya tetap luangkan waktu untuknya. Masa-masa remaja adalah masa yang cukup rawan bagi anak-anak karena mudah terpengaruh hal negatif. Maka dari itu, dampingi anak dan luangkan waktu untuknya setiap hari. Tanyakan hal yang menjadi hobinya dan teman-temannya, jangan sampai hobi yang ia lakukan mengarah pada hal negatif. 

  • Tanyakan tentang Cita-Citanya

Mungkin Anda sering bertanya pada anak, “Kalau sudah besar nanti mau jadi apa?”. Anak pun menjawab, “Mau jadi dokter, pilot, perawat, guru, pemadam kebakaran, polis, dsb.” Namun, itu kan dulu waktu ia masih kanak-kanak, waktu di mana mimpi terasa sangat mudah digapai. 

Tentunya, saat Anda bertanya hal yang sama saat ini, jawabannya akan berbeda. Bahkan banyak anak remaja yang menjawab “tidak tahu”. Nah, disinilah peran Anda sebagai orangtua untuk mengarahkan dan membimbing anak menemukan bakat dan minatnya yang terpendam. 

Hal yang dibutuhkan anak remaja dari orangtua

  • Beri Anak Kebebasan dan Kemerdekaan sebagai Pribadi

Kebebasan dan kemerdekaan dalam berpendapat memang sangat dibutuhkan anak yang memasuki masa remaja. Ajaklah anak berdiskusi tentang sesuatu hal, libatkan anak dalam memecahkan suatu masalah dalam keluarga. Tidak perlu masalah berat, cukup masalah-masalah ringan di sekitarnya. 

Misalnya, saat hewan peliharaan di rumah tidak mau makan, tanyakan pada anak “Menurutmu kenapa dia tidak mau makan ya? Padahal kan sudah diberi vitamin kemarin,ya?” . Melalui diskusi ini, anak akan merasa dihargai keberadaannya sebagai anak remaja. 

Tak hanya itu loh, kebebasan bertanggung jawab juga perlu diajarkan pada anak. Misalnya, anak boleh keluar malam bersama teman, asal harus pulang tidak lebih dari jam 9 malam.

  • Jadikan Rumah Anda tempat Nyaman untuk anak dan Teman Remajanya

Hal lain yang dibutuhkan anak remaja adalah tempat bernaung, yaitu rumah. Maka jadikan rumah Anda sebagai tempat yang nyaman untuk anak dan teman-teman remajanya. 

Sediakan snack untuk nonton film bersama, atau pekarangan rumah untuk mengadakan pesta barbeque, dsb. Toh, rumah Anda akan menjadi tempat paling aman bagi anak-anak remaja ini, daripada mereka keluyuran di jalan bukan?  

  • Sediakan Makanan di Dapur

Hal lain yang dibutuhkan anak remaja adalah makanan. Ya, mereka nampak selalu saja kelaparan, karena terus mengeluarkan energi untuk segala aktivitasnya. 

Jadi, biasakan untuk menyediakan makanan di dapur atau di kulkas. Tak perlu makanan yang berat, cukup makanan ringan yang mengenyangkan seperti roti tawar dan berbagai isian selai, agar mereka juga belajar untuk membuat makanan sendiri. 

  • Banggakan Mereka di Sosial Media

Anak-anak memang butuh cinta, untuk itu terus cintai mereka dengan cara Anda sendiri. Misalnya, hadir dalam setiap acaranya di sekolah, berfoto bersama dan posting di media sosial anda.

Bertemanlah dengan mereka di sosial media dan jadilah yang pertama menyukai berbagai hal yang mereka posting. Meskipun seringkali remaja ada yang menolak “berteman” dengan ortunya di sosmed,tetapi tidak ada salahnya dicoba. Asal juga jangan bereaksi berlebihan terhadap apa yang ia posting. Inilah cara unik untuk mencintai anak remaja Anda.

  • Katakan “I Love You”

Ya, ya cinta memang bukan hanya di bibir saja tapi harus dipraktekan. Namun, tak ada salahnya mengucapkan “I Love You” pada anak remaja Anda. meskipun mereka kadang akan merasa sedikit malu, toh hal ini juga akan membuat mereka merasa sangat dicintai orangtuanya.

Beberapa dari orangtua kadang tidak tahu apa yang sangat dibutuhkan anak-anak yang baru saja beranjak remaja. Tapi, jangan khawatir karena beberapa hal di atas bisa jadi referensi Anda!

Baca juga:

  1. Pilih Miniset atau Bra?
  2. Bantu Anak Persiapkan Survival Kit untuk Pertamakali Menstruasi Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *