Banner Header Promo Oktober

Keterampilan Hidup yang Harus Diajarkan kepada Anak

Browse By

Pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah. Anak sudah mulai belajar, bahkan sejak mereka dilahirkan. Tidak hanya kemampuan akademis saja, anak-anak juga harus diajarkan keterampilan hidup lainnya. Hal ini penting untuk menunjang masa depan mereka. Setidaknya, ada 7 keterampilan hidup yang wajib Parents ajarkan kepada anak-anak. Apa saja keterampilan tersebut?

1. Bergaul (Sosialisasi)

Setuju atau tidak, salah satu hal penting yang akan mendukung kesuksesan anak di masa depan adalah kemampuannya bergaul. Seseorang yang selalu berpandangan positif dan luwes sangat disukai banyak orang. Mereka yang mudah beradaptasi dengan keadaan akan lebih tahan banting menghadapi hal-hal yang tak terduga dalam kehidupan mendatang. Oleh karena itu, pupuklah sikap suka menolong orang dan tidak mudah putus asa sejak dini. Ajarkan juga anak-anak untuk tidak menjadi seseorang yang pemarah dan juga selalu rendah hati.

2. Memasak

Pada dasarnya, keterampilan ini tidak hanya khusus untuk perempuan saja. Anak laki-laki juga harus diajari untuk memasak. Ajaklah mereka, baik anak laki-laki atau perempuan, untuk memasak di dapur. Tunjukkan bagaimana cara memotong, menggoreng, atau mengkukus. Setidaknya, anak-anak bisa memasak nasi dan menggoreng telur. Lalu, ajarkan cara menumis dan membuat sayur sederhana. 

3. Mengelola Uang

Ajarkan anak-anak untuk membuat anggaran, berhemat, dan berhitung dengan uang saku yang ia terima. Ajarkan padanya bahwa uang yang mereka punya tidak untuk dihabiskan, melainkan untuk digunakan seperlunya. Kemampuan mengatur uang ini akan sangat berguna pada kehidupannya mendatang.

4. Mengatur Waktu

Anak-anak mungkin tidak sadar betapa waktu yang telah mereka lewati tidak akan pernah kembali lagi. Oleh karena itu, ajarilah mereka untuk mengatur waktu dengan baik. Misalnya. Bangun lebih pagi untuk menyiapkan diri ke sekolah, mengerjakan PR, bermain game sesuai ketentuan, dan lain sebagainya. Ketrampilan mengatur waktu akan berguna bagi kehidupan anak di masa mendatang.

keterampilan hidup penting untuk anak

5. Mencuci Baju & Piring Sendiri

Saat anak-anak sudah cukup besar untuk melakukan pekerjaan rumah, ajarkan mereka untuk mencuci baju & piring sendiri. Setelah makan minta anak untuk mencuci piring dan cangkirnya sendiri.

Untuk mencuci baju, ajari anak untuk memisahkan baju putih dengan baju berwarna agar tidak kelunturan. Ajarkan mereka bagaimana menggunakan mesin cuci.

Tak kalah penting, anak-anak juga harus diajari bagaimana menyetrika baju yang sudah kering. Keahlian ini menjadi bekal penting seandainya anak-anak sekolah di luar kota dan jauh dengan Anda.

6. Memperbaiki Sesuatu

Anak-anak juga harus diajari hal-hal kecil seperti mengganti bola lampu yang putus, memasang kompor gas, dan lain sebagainya. Hal-hal kecil yang bisa diperbaiki sendiri, ada baiknya diajarkan juga pada si kecil. Bisa dengan mengajarkan anak memperbaiki buku yang sobek, menjahit kancing baju yang lepas,dll.

Untuk reparasi kerusakan yang berat, Anda bisa mengajarkan anak untuk mengenali apa yang rusak, lalu membawanya ke ahlinya.

7. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan anak. Olahraga sederhana yang mustinya dikuasai anak adalah berenang dan bersepeda. Olahraga renang selain menyenangkan juga bisa berguna untuk menyelamatkan orang.

Itulah tujuh keterampilan sederhana yang harus mulai diajarkan kepada si kecil. Menurut Anda, mana yang paling penting diajarkan?

 

Baca juga:

  1. 7 Hal yang Perlu Diajarkan Ibu pada Anak Perempuannya
  2. 7 Pelajaran Penting Orang tua untuk Anak Laki-Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *