Banner Header Komunitas SOP

Kondisi Darurat Saat Menstruasi, Wajib Dipahami Anak

Browse By

Setiap perempuan memang tidak bisa menentukan kapan tepatnya menstruasi akan tiba tiap bulannya. Hal yang bisa dilakukan adalah memprediksi datangnya menstruasi dengan perhitungan yang selama ini seringkali kita gunakan. Kondisi inilah yang membuat banyak perempuan merasa was-was jika menstruasi datang di saat yang tidak tepat.

Misalnya saja saat sedang di kantor atau di ruang publik, di mana kita sama sekali tidak membawa pembalut dan celana ganti. Nah, hal yang sama juga dirasakan oleh anak yang baru saja mendapatkan menstruasi pertamanya loh, Parents!

Bayangkan saja betapa bingung dan paniknya, saat anak saat mendapatkan menstruasi di sekolah, atau saat bermain dengan teman dan tidak membawa menstruasi kit. Bisa dipastikan, anak sangat bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untuk itu, orang tua perlu aktif memberikan informasi mengenai kondisi darurat yang bisa saja dialami anak saat menstruasi. 

Kondisi darurat apa saja sih yang perlu dipahami oleh anak saat menstruasi?

  • Mendapat Menstruasi di Sekolah

Kondisi darurat yang sering dialami oleh anak saat menstruasi adalah mendapatkan menstruasi pertamanya di sekolah. Kondisi ini sangat wajar dialami oleh remaja perempuan Parents. Untuk itu, beri pemahaman pada anak bahwa ia bisa meminta pembalut di UKS sekolah. Pihak UKS biasanya menyediakan pembalut khusus untuk kondisi darurat seperti ini. 

Namun, jika stok pembalut di UKS ternyata habis, ingatkan anak untuk membeli di koperasi sekolah. Beri pemahaman pada anak bahwa ia tidak perlu merasa malu dengan kondisi darurat yang ia alami karena kebanyakan anak perempuan juga pernah mengalaminya.  

  • Mendapat Menstruasi Saat Di Jalan 

Selain di sekolah, remaja perempuan bisa saja mengalami menstruasi saat di jalan atau di ruang publik lainnya. Nah, jika anak tidak membawa pembalut maka ingatkan anak untuk segera membeli pembalut di apotik atau minimarket terdekat. Namun, jika anak tidak membawa cukup uang untuk membeli pembalut, ia bisa menggunakan tisu atau saputangan sementara waktu sampai anak kembali ke rumah. 

  • Menstruasi “Tembus” di Celana/Rok

Kondisi darurat saat menstruasi lainnya yang akan sering dialami oleh anak adalah noda menstruasi yang terlanjur “tembus” di celana atau rok. Jika kondisi ini yang dialami oleh anak maka ingatkan anak untuk meminta orang yang ada di rumah agar menjemput di tempat yang aman. Anak juga bisa menggunakan cardigan atau jaket untuk menutupi celana atau rok yang terkena noda menstruasi. 

cara atasi keadaan darurat saat menstruasi

Cara Berpakaian yang Perlu Diingatkan Orang Tua Saat Anak Remaja Menstruasi

Ada banyak hal yang perlu selalu diingatkan orang tua saat anak sedang dalam masa menstruasi. Misalnya saja selalu ingatkan anak untuk membawa menstruasi kit dan selalu mengenakan pakaian yang aman saat menstruasi tiba. 

Saat anak mengalami menstruasi, ingatkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman, yaitu

  • Kenakan pakaian dengan sirkulasi udara yang bagus sehingga tak membuat anak merasa gerah.
  • Gunakan celana dalam “hygienic panty” untuk mencegah tembus.
  • Hindari menggunakan celana/rok berwarna putih. Sebaiknya gunakan bawahan berwarna gelap.
  • Ingatkan anak untuk membawa jaket/cardigan yang bisa digunakan untuk menutupi saat anak mengalami “tembus”.

Kondisi darurat saat menstruasi bisa dialami oleh siapa saja termasuk anak remaja kita. Nah, agar anak remaja tidak panik saat menghadapi menstruasinya, berilah anak pemahaman tentang kondisi darurat menstruasi yang bisa ia alami beserta langkah menghadapinya. 

Baca juga:

  1. Bantu Anak Persiapkan Survival Kit untuk Pertamakali Menstruasi Yuk!
  2. Dari yang Bersayap hingga Tak Bersayap, Mana Nih yang Tepat untuk Menstruasi Pertamanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *