contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Membantu Anak Mengatasi Rasa Takut Berlebihan

05 Agustus 2019

Rasa takut memang wajar dimiliki oleh anak-anak. Mereka biasanya takut pada kegelapan, takut pada orang baru, atau takut pada hewan dan tumbuhan. Akan tetapi, apabila rasa takutnya dirasa sangat menganggu, orangtua pun tidak boleh membiarkannya begitu saja. Rasa takut yang berlebihan akan membuat ia susah berkembang. Orangtua harus punya cara untuk membantu anak mengatasi rasa takut yang dimiliki oleh si kecil.

Bagaimana langkahnya?
  •       Jangan Menganggap Sepele Rasa Takut Anak

Sebagian besar orangtua masih menganggap rasa takut anak sebagai sesuatu yang sepele. Karena dianggap sebagai hal remeh, orangtua pun cenderung abai. Sebaiknya orangtua mencari tahu apa yang menyebabkan anak-anak menjadi sangat penakut. Misalnya, anak berumur 4 tahun yang takut bertemu orang baru sampai lari atau bersembunyi, tentu akan terjadi masalah ketika ia harus bersekolah. Karena itu penting untuk mencari tahu penyebabnya.

  •       Lakukan Pendekatan dengan Tepat

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui penyebab munculnya rasa takut pada anak adalah dengan mendekatinya. Cara pendekatan yang dilakukan orangtua juga harus berbeda. Buat anak nyaman terlebih dahulu, baru tanyakan apa alasannya. Kadang hal ini tidak bisa berhasil dalam satu kali coba, bisa diulang dengan pendekatan yang perlahan agar anak mau membuka diri.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket