Banner Header Komunitas SOP

Menulis Halus, Apa Sih Manfaatnya Bagi Anak?

Browse By

Siapa yang tidak tahu tentang menulis halus? Banyak dari kita yang berlatih menulis halus saat awal masuk sekolah dasar dulu. Nah, hal ini juga masih dilakukan anak kita sekarang,loh.  

Menulis halus tampaknya memang cukup sulit dilakukan oleh si kecil. Selain harus memperhatikan garis yang menyambungkan antara satu huruf ke huruf lainnya, menulis halus juga dirasa sangat menyulitkan karena si kecil harus memperhatikan tebal tipis garis tersebut. 

Meskipun nampak cukup menyulitkan, namun banyak ahli percaya bahwa menulis halus sangat bermanfaat bagi anak. Apa saja sih manfaat menulis halus bagi anak?

  • Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Sejak Dini

Sebuah studi pada tahun 2012 yang dipimpin oleh seorang psikolog dari Universitas Indiana menemukan fakta bahwa, kemampuan literasi anak-anak usia 5 tahun yang mulai belajar menulis ternyata meningkat. 

Pada studi tersebut, anak-anak diminta untuk melihat sebuat surat, lalu dibimbing untuk menjiplak atau menggambar tulisan dari surat tersebut dengan garis putus-putus di kertas kosong lainnya. 

Hasil pemindaian otak menyebutkan bahwa kegiatan menulis atau menggambar di kertas kosong telah mengaktifkan bagian otak yang digunakan untuk membaca dan menulis.   

  • Meningkatkan Kreativitas dan produktivitas Anak

Dilansir dari familyeducation.com, sebuah riset yang dilakukan pada anak-anak kelas 2-5 SD oleh seorang psikolog dari Universitas Washington menemukan fakta bahwa, anak-anak yang menulis halus, menulis tegak, atau mengetik di keyboard laptop dan komputer membentuk pemindaian otak yang berbeda-beda. 

Studi tersebut menemukan fakta bahwa saat anak-anak menulis dengan kualitas baik, maka berbagai area otak anak-anak ini lebih banyak aktif, khususnya wilayah yang menyangkut  dengan kognisi, bahasa dan memori. 

  • Memperbaiki Kualitas Belajar Anak

Manfaat lainnya yang diperoleh dari menulis halus yang dilakukan anak adalah bahwa kualitas belajar anak akan semakin baik. Hal ini diperkuat dengan sebuah laporan dari Inggris tahun 2012. 

Menurut laporan tersebut, menulis halus bisa membantu anak-anak disleksia. Menulis halus membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halus, yaitu dengan pergerakan dari kiri ke kanan di seluruh halaman kertas. Menulis halus juga membantu anak disleksia dalam membedakan huruf “b” dan “d” yang membingungkan. 

Menulis halus juga dipercaya bermanfaat untuk membantu anak-anak untuk menulis dengan lebih cepat, menulis dengan jelas dan mudah terbaca, serta membantu anak-anak mengeja kata-kata dengan benar. Hal ini karena setiap huruf terhubung satu sama lain.

manfaat menulis halus untuk anak

  • Meningkatkan dalam Pembelajaran yang Menggunakan Audio

Satu studi di Universitas Princeton mengungkapkan bahwa menulis bisa meningkatkan pembelajaran dalam kelas saat menggunakan audio. Peneliti mengungkapkan bahwa, ada perbedaan kualitas belajar antara siswa yang mencatat menggunakan laptop dengan siswa yang mencatat menggunakan tulisan (tulis tangan). 

Saat siswa mencatat menggunakan laptop, mereka cenderung mencatat kata perkata, sedangkan bagi siswa yang mencatat menggunakan tulisan tangan, cenderung memproses apa yang dikatakan oleh pengajar terlebih dahulu di dalam otak. Siswa yang mencatat dengan tulisan cenderung memproses informasi dan membingkai ulang dengan kata-kata mereka sendiri. Proses inilah yang memperkuat pembelajaran. 

  • Membantu Anak Terus Terhubung dengan Sejarah

Selain beberapa manfaat menulis halus di atas, manfaat menulis halus bagi anak lainnya adalah membantu anak terus terhubung dengan sejarah. Melalui menulis tangan, anak-anak tidak akan terus bergantung pada teknologi seperti laptop atau gadget

Melalui menulis halus anak-anak juga akan terus terhubung dengan sejarah bahwa zaman dahulu orang-orang tidak menggunakan teknologi seperti komputer untuk membuat tulisan. Semua dilakukan dengan menulis tangan. Sebagai contoh, teks proklamasi yang dibuat oleh Presiden RI Soekarno dengan menulis tangan. Bahkan tampak beberapa coretan di teks proklamasi tersebut. 

  • Mengajarkan Anak Salah Satu Bentuk Komunikasi yang Indah

Menulis, baik menulis halus maupun menulis tegak merupakan salah satu bentuk seni yang bisa mengajarkan anak tentang keindahan berkomunikasi melalui tulisan tangannya sendiri. Tulisan tangan dianggap lebih unik dan personal. 

Melalui tulisan tangan, Anda bisa mengajarkan anak untuk saling berkirim surat pada teman sekelasnya sendiri atau kepada keluarga jauh. 

Anda juga bisa menjelaskan pada anak bahwa menulis adalah salah satu bentuk komunikasi yang indah kepada orang lain. 

Menulis tangan memang memiliki banyak manfaat, terlebih menulis halus yang sering diajarkan di sekolah-sekolah dasar. Maka dari itu, penting bagi Parents untuk mendorong anak menulis halus demi meningkatkan perkembangan dan kecerdasan anak. 

Baca juga:

  1. Kapan Anak Mulai Belajar Memegang Pensil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *