Banner Header Komunitas SOP

Penyakit yang Hobi Nempel Di Tubuh Setelah Lebaran

Browse By

Opor ayam, sambal goreng ati, sambal goreng telur puyuh, dan rendang memang tidak diragukan lagi kelezatannya. Hidangan khas Lebaran ini hampir selalu ada di setiap rumah dan selalu menjadi menu wajib bagi penghuninya. Tapi, bukan hanya penghuninya yang wajib mengkonsumsi makanan tersebut, melainkan para tamu yang datang untuk bersilaturahmi juga diwajibkan mencicipi hidangan yang hanya bisa dirasakan setahun sekali ini.

Nah, meskipun terasa lezat dan nikmat disantap bersama keluarga, hidangan Lebaran ini mengandung lemak, gula, dan garam yang tinggi. Tak hanya itu, hidangan khas lebaran seperti sambal goreng juga memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi dan tentu saja rasanya cenderung pedas.

Jadi, tak heran nih banyak yang mengeluh sakit tenggorokan setelah Lebaran karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak. Kira-kira penyakit apa saja yang sering muncul setelah lebaran?

Penyakit yang Sering Muncul Setelah Lebaran

  1. Kolesterol dan Gula Darah Meningkat

Penyakit pertama yang sering muncul setelah lebaran adalah kolesterol dan gula darah yang meningkat. Penyebabnya apa lagi kalau bukan karena terlalu banyak makan makanan manis dan berlemak seperti opor ayam, sambal goreng, hingga kue-kue manis Lebaran.

Kolesterol yang tinggi biasanya ditandai dengan rasa sakit yang muncul di area dada depan dan lengan. Rasa sakit ini biasanya sering terjadi saat seseorang terlalu lelah dan stres. Sebaiknya segera ubah pola makan Anda agar kadar kolesterol segera menurun dan tidak sampai menimbulkan stroke atau serangan jantung.

Sedangkan, kadar gula darah yang meningkat biasanya ditandai dengan badan yang terasa lemas. Jadi sebaiknya segera kurangi makanan dan minuman manis setelah lebaran agar kadar gula darah bisa kembali stabil.

2. Maag

Penyakit maag biasanya juga sering muncul setelah Lebaran. Kebanyakan orang mengalami penyakit maag setelah lebaran karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan bersantan.

Penyakit ini memiliki gejala seperti nyeri pada perut, rasa mual, sering bersendawa, kembung dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, sebaiknya mulai kurangi makanan pedas dan bersantan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menetralisir asam lambung yang berlebih sehingga mengurangi resiko penyakit maag setelah Lebaran.

3. Diare

Selain maag, penyakit pencernaan yang sering muncul setelah Lebaran adalah diare. Diare memang sering dialami setelah Lebaran akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terpapar bakteri. Misalnya, saat Anda dan keluarga berlibur ke luar kota dan sering membeli makanan di pinggir jalan yang kurang higienis.

Penyakit diare yang sering muncul setelah lebaran ini juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, berminyak, hingga mengkonsumsi minuman bersoda. Semua makanan ini ternyata sangat mudah memicu diare.

penyakit setelah lebaran

4. Tekanan Darah Meningkat

Penyakit lain yang kerap muncul setelah Lebaran adalah tekanan darah yang meningkat. Biasanya kondisi ini dipicu karena seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

Gejala yang sering muncul biasanya berupa pusing, sakit kepala, penglihatan yang kabur, mual dan kelelahan. Untuk mengurangi gejala tersebut, sebaiknya lakukan pola makan yang sehat. Sebaiknya kurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi setelah Lebaran.

5. Pilek

Nah, pilek atau flu juga biasa muncul setelah liburan. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman dingin. Meskipun alasannya karena cuaca sedang sangat panas, sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman dingin berlebihan agar terhindar dari pilek. Jangan lupa untuk memperhatikan anak-anak, karena mereka cenderung sangat senang dengan berbagai macam minuman  dingin.

6. Radang Tenggorokan

Tak hanya pilek lho, penyakit radang tenggorokan juga sering muncul setelah libur Lebaran. Kondisi ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak. Gejala yang muncul berupa sakit saat menelan, hingga demam.

Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan perbanyak minum air putih dan mulai kurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak. Jika rasa sakit sudah tidak bisa diatasi sebaiknya segera konsultasikan kesehatan Anda pada dokter.

Setelah Lebaran memang banyak sekali penyakit yang sering muncul akibat pola makan yang kurang sehat. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kembalikan pola makan dan pola hidup sehat Anda. Perbanyak olahraga, makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih merupakan beberapa tips agar tetap sehat setelah lebaran.

Baca juga:

  1. Tips Tetap Sehat Setelah Makan-Makan Lebaran
  2. Agar Timbangan Tidak Semakin Ke Kanan Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *