Banner Header Komunitas SOP

Rumah Anda Terasa Sesak? Mungkin 15 Barang ini Perlu Segera Disingkirkan!

Browse By

Semakin lama rasanya kok rumah semakin sesak saja. Bukan karena banyaknya penghuni dalam rumah tapi lebih karena barang-barang di rumah yang terlihat mulai memenuhi setiap sudut ruangan. Misalnya saja, sepatu, sandal, baju, buku, majalah, atau mainan anak.

Memang sih, semua barang-barang ini penting bagi. Tapi, benarkah semuanya penting dan pasti digunakan setiap hari? Jangan-jangan ada barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai namun masih saja disimpan. Alasannya sih sayang kalau dibuang karena dulu belinya mahal. 

Tapi bagaimana ya jika rasa sayang terhadap barang ini justru membuat Anda menimbun barang-barang yang tidak penting di rumah? Sudah pasti dong, rumah akan terlihat sesak dan berantakan karena kebiasaan Anda menimbun barang. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Satu-satunya cara mengatasi permasalahan yang hampir dialami oleh semua orang ini adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi dengan cara dibuang atau disumbangkan. 15 barang di bawah ini mungkin perlu Anda singkirkan agar rumah tidak sesak!

15 Barang yang Perlu Disingkirkan Agar Rumah Tidak Sesak

  • Sepatu / Sandal Lama

Siapa nih yang suka sekali mengoleksi sepatu atau sandal? Bagaimana cara Anda mengoleksinya? Apakah Anda menyingkirkan sepatu atau sandal-sandal lama dulu baru kemudian membeli lagi atau langsung saja membeli tanpa memikirkan sepatu atau sandal lama Anda? 

Nah, kebiasaan terus membeli tanpa memikirkan akan dikemanakan barang-barang lama inilah yang membuat rumah Anda semakin sesak dengan barang-barang. Maka dari itu, yuk pilih sepatu atau sandal yang sudah tidak terpakai atau rusak. Sebaiknya pilih sandal atau sepatu yang masih layak pakai untuk disumbangkan dan buang saja sandal atau sepatu yang sudah rusak. 

  • Baju-Baju Lama

Barang-barang lain yang perlu Anda singkirkan agar rumah tidak sesak dengan barang-barang adalah baju-baju lama yang mungkin sudah tidak muat dipakai atau sudah sesuai dengan gaya busana Anda saat ini. Baju-baju lama yang masih layak pakai ini mungkin bisa Anda sumbangkan kepada orang yang kurang mampu atau bisa juga Anda jual kembali. 

Banyak loh orang di luar sana yang membuka garage sale untuk menjual barang-barang lama mereka. Toh hasil penjualan barang tersebut bisa Anda gunakan kembali untuk keperluan lainnya. Jadi, tidak ada kata “sayang” untuk dibuang kan?

  • Kartu Undangan Bekas

Siapa sih yang tidak pernah mendapat undangan pernikahan, ulangtahun, reuni, dsb? Pasti ada saja undangan yang mampir ke rumah setiap bulan. Nah, undangan-undangan bekas ini perlu dibuang loh jika Anda sudah menghadiri acaranya. Toh, menyimpan kartu undangan tidak memiliki manfaat apapun kan? Yuk, segera singkirkan kartu undangan bekas agar rumah tidak terasa sesak. 

  • Buku-Buku, Majalah, Koran Lama

Apakah Anda termasuk orang yang hobi membaca? Hobi membaca memang sangat baik, tapi bagaimana ya jika hobi Anda yang satu ini membuat rumah terasa sesak karena banyaknya buku, koran atau majalah di rumah Anda?

Ya, satu-satunya cara adalah menyumbangkan bacaan Anda tersebut kepada orang lain. Mulailah pilih dari buku-buku atau majalah yang sudah tidak pernah Anda baca lagi. Lalu, kumpulkan koran-koran yang sudah sangat lama untuk dijual pada pengepul koran. 

barang yang perlu disingkirkan dari rumah agar rapi

  • Film dan Kaset Jadul

Zaman memang semakin maju ya, sehingga film-film dan kaset jadul yang Anda koleksi dulu sudah jarang sekali ditonton atau didengarkan. Hal inilah yang membuat rumah Anda terasa sangat sesak. Untuk mengatasi hal ini, yuk pilih film dan kaset jadul Anda untuk dijual atau disumbangkan ke pengepul barang antik.

  • Make Up dan Skin Care Kadaluarsa

Hayo siapa yang suka menyimpan skin care dan make up kadaluarsa? Jika Anda salah satunya, yuk mulai sekarang segera buang make up dan skin care kadaluarsa tersebut. Selain bisa mengiritasi kulit Anda, menyimpan make up dan skin care kadaluarsa juga membuat meja dan lemari rias Anda terasa penuh sesak.

  • Sikat Gigi Bekas

Apa sih fungsinya menyimpan sikat gigi bekas? Mungkin beberapa dari Anda beralasan untuk menyikat sepatu atau untuk menyikat rantai sepeda. Ya, beberapa orang memang menggunakan sikat gigi bekas untuk beberapa hal tersebut, tapi toh bukan berarti semua sikat gigi bekas harus disimpan kan? Untuk itu, segera buang sikat gigi bekas yang sudah tidak Anda pakai lagi agar kamar mandi terlihat lebih bersih.

  • Kupon-Kupon Belanja atau Makan Kadaluarsa

Barang lainnya yang perlu segera dibuang agar rumah tidak terlihat sesak adalah berbagai kupon belanja atau kupon makan yang kadaluarsa. Kupon-kupon ini memang terlihat kecil sih, tapi jika jumlahnya banyak bisa-bisa rumah Anda jadi tidak rapi.

  • Kalender Bekas

Kalender bekas sebaiknya segera Anda buang agar rumah Anda tidak sesak. Segera cek berbagai kalender bekas di rumah Anda, misalnya kalender dinding dan kalender meja untuk segera dibuang agar rumah terlihat lebih rapi.

  • Nota-Nota Bekas

Sama seperti kupon belanja bekas, nota-nota bekas juga membuat rumah Anda terasa sesak dan tidak rapi loh. Untuk itu, yuk segera buang nota-nota bekas Anda. 

  • Buku Agenda/Buku Catatan Lama

Buku agenda atau buku catatan memang memiliki berbagai desain yang unik dan lucu sehingga beberapa dari Anda mengoleksinya. Tapi, bagaimana ya jika koleksi Anda ini sudah sangat banyak dan membuat rak buku terlihat sesak? Bagaimana jika berikan saja buku catatan lama Anda yang masih kosong ke saudara dan segera buang buku yang sudah terpakai.

  • Gadget atau Barang Elektronik Bekas

Bagi Anda yang suka gonta-ganti gadget baru pasti dong memiliki sampah gadget atau sampah elektronik di rumah. Sampah-sampah elektronik ini membuat rumah Anda cukup berantakan loh! Untuk mengatasinya yuk segera jual kembali gadget bekas dan peralatan elektronik lama agar rumah terlihat lebih rapi.

  • Mainan Anak Tidak Terpakai

Mainan anak seperti sepeda atau rumah-rumahan adalah salah satu barang yang cukup menyita ruang di rumah. Nah, jika mainan anak ini dirasa sudah tidak pernah dimainkan, tidak ada salahnya loh menyumbangkan mainan anak agar rumah terlihat lebih rapi dan tidak sesak. 

  • Seragam Sekolah Tak Terpakai

Sama seperti baju yang sudah tak terpakai, seragam sekolah yang tak terpakai juga membuat lemari pakaian jadi penuh. Alhasil, Anda membutuhkan lemari lain untuk menyimpannya. Padahal, rumah Anda sendiri tidak terlalu luas. Untuk itu, yuk mulai singkirkan seragam sekolah yang sudah tak terpakai untuk disumbangkan ke anak-anak yang kurang mampu.

  • Furniture Tak Terpakai

Beberapa orang memang terkesan menimbun furniture di rumahnya. Alasannya karena furniture yang lama sudah dimakan rayap. Namun, akan lebih baik untuk membuang furniture yang sudah rusak kemudian baru membeli furniture baru yang diinginkan.

Baca juga:

  1. Cara Mudah Persingkat Waktu Cuci Baju Bagi Ibu yang Sibuk
  2. Berhenti Lakukan ini Agar Rumah “Auto Rapi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *