Banner Header Promo OVO SOP

10 Aturan yang Perlu Dipatuhi Para Ibu Saat Playdate

Browse By

Menjadi seorang Ibu berarti menjadi seorang wanita yang mengemban berbagai tugas penting, khususnya tugas untuk merawat buah hati. Meskipun ada Ayah yang siap membantu Ibu dalam merawat dan mengasuh anak, nyatanya Ibu memang masih memegang peran utama dalam merawat dan mengasuh anak.

Banyak sekali tantangan yang dihadapi Ibu setiap hari. Mulai dari berusaha membuat anak mau makan, berusaha menenangkan anak saat tantrum atau mulai mengenalkan anak dengan teman-teman sebayanya.

Seorang anak memang perlu bermain dan bersosialisasi dengan teman sebayanya agar kehidupan sosialnya mulai terbentuk dengan baik. Anda tentu bisa mengajak anak bertemu dengan teman sebayanya di taman bermain atau sengaja mengunjungi rumah salah satu teman yang juga memiliki anak seusia anak Anda,yang sekarang kerap disebut dengan istilah “playdate“. Tujuannya agar, anak memahami bahwa ada kehidupan lain selain kehidupannya bersama dengan Ayah, Ibu atau anggota keluarga lain di rumah.

Nah, yang perlu Anda ingat sebagai seorang Ibu adalah ada aturan yang perlu dipatuhi saat anak janjian bermain dengan teman atau “playdate“. Aturan ini memang tidak ada di buku panduan manapun, namun tercipta sendirinya di kalangan Ibu-Ibu dan seharusnya juga diketahui oleh para Ibu baru. Aturan apa saja sih yang perlu dipatuhi?

10 Aturan yang Perlu Dipatuhi Ibu Saat Playdate:

  • Harus Adil dalam Memperlakukan Anak

Aturan pertama yang perlu dilakukan seorang Ibu saat anak-anak playdate adalah harus adil dalam memperlakukan anak. Artinya, Anda tidak boleh memihak anak sendiri.

Misal, saat Anda membuatkan camilan untuk anak, maka Anda juga harus membuatkan camilan tersebut untuk anak lain. Setidaknya tawari anak lain untuk makan camilan yang sama dengan anak Anda. perlakukan anak-anak layaknya anak Anda sendiri.

  • Bicarakan dengan Orangtuanya Jika Teman Anak Memiliki Masalah Perilaku

Adakalanya teman sebaya anak memiliki masalah perilaku yang membuat Anda khawatir. Contohnya kala teman anak mulai sering memukul atau bertingkah agresif saat bermain.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya bicarakan dengan orangtua anak tersebut. Hindari bertindak sendiri tanpa berdiskusi dengan orangtua anak tersebut untuk menghindari konflik sesama orangtua. Aturan inilah yang perlu Anda patuhi sebagai seorang Ibu saat anak bermain dengan teman sebaya.

  • Jangan Menganggap Serius Urusan Anak

Penting bagi Ibu untuk tidak menganggap serius urusan anak, khususnya saat mereka sedang bermain. Waktu anak bermain adalah saatnya mereka mengembangkan diri dalam dunia sosialnya, sehingga akan lebih baik jika Anda tidak terlalu ikut campur dalam urusan anak. Apalagi jika anak-anak sedikit mengalami konflik saat bermain.

Konflik yang terjadi saat anak bermain adalah hal wajar dan anak-anak bisa belajar dari konflik tersebut. Sebaiknya jangan anggap serius konflik ini dan jangan mengungkitnya di jadwal bermain anak keesokan harinya. Aturan ini sebaiknya perlu Anda patuhi saat anak sedang playdate.

  • Tidak Perlu Meminta Anak-Anak Bermain di Rumah Anda, Biarkan Anak yang Menentukan

Aturan selanjutnya yang perlu dipatuhi para Ibu saat anak playdate adalah tidak perlu memaksa anak dan temannya untuk terus-terusan bermain di rumah Anda. Sebaiknya biarkan anak yang menentukan di mana mereka akan bermain. Hal ini juga melatih anak untuk berdiskusi.

Aturan playdate bagi Ibu-Ibu

  • Selalu Sopan pada Anak-Anak dan Orangtua

Penting bagi Anda untuk selalu sopan pada teman anak dan orangtua mereka. Hindari membandingkan anak dengan teman-teman sebayanya. Aturan ini perlu dipatuhi Ibu saat anak playdate untuk menjaga pertemanan anak berjalan dengan baik.

  • Batasi Waktu Bermain Anak-Anak

Aturan lainnya yang perlu dipatuhi oleh Ibu saat anak playdate adalah membatasi waktu bermain. Banyak yang berpendapat waktu bermain anak dengan temannya cukup 2 jam saja. Atau untuk anak yang lebih kecil waktu bermain anak cukup 1 jam saja.

Tujuannya untuk menghindarkan anak dari rasa bosan atau tantrum karena terlalu lama bermain dengan teman. Hal ini karena ada banyak hal yang bisa terjadi saat anak bermain dengan teman, misalnya konflik kecil karena berebut mainan, atau konflik karena aturan permainan yang dibuat oleh anak sendiri.  

  • Jangan Mempengaruhi Anak untuk Berkompetisi dengan Temannya

Sebagai orangtua yang bijak, penting bagi Anda untuk tidak mempengaruhi anak berkompetisi dengan teman saat waktu bermain. Biarkan anak menikmati masa kecilnya yang dalam dengan bermain bersama teman. Aturan ini penting untuk Ibu patuhi agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan disukai oleh banyak teman.

  • Jemput Anak Saat Waktu Bermain Usai

Salah satu hal yang cukup sering dilakukan oleh Ibu saat anak playdate adalah lupa menjemput anak saat waktu bermain usai. Mungkin Anda merasa ini bukan persoalan yang besar, namun efeknya bisa cukup besar bagi Anda dan anak.

Pasalnya, ada beberapa orangtua yang tidak terlalu suka apabila rumahnya terlalu lama kotor atau berantakan. Sehingga penting bagi Anda untuk menjemput anak tepat waktu agar rumah yang digunakan anak bermain bisa segera dirapikan kembali.

  • Beri Anak Penjelasan untuk Mematuhi Aturan Di Setiap Rumah Teman

Setiap rumah tentunya memiliki aturan tertentu, sehingga usahakan untuk memberi anak penjelasan bahwa ia harus mematuhi setiap aturan di rumah teman.

Misalnya, salah satu rumah memiliki aturan bahwa anak-anak tidak boleh bermain di kamar dan harus bermain di ruang khusus bermain, maka pastikan anak Anda mematuhinya.

  • Berbicara dengan Sesama Orangtua Sebelum, Selama atau Setelah Anak Bermain

Playdate selain cara bagi anak bermain dengan teman, penting bagi Anda untuk berteman dengan sesama orangtua. Anda bisa saja sekedar berbicara atau mengobrol dengan orangtua lain.

Jika Anda terlalu bingung tentang apa yang harus dibicarakan, maka mulailah dengan berbicara tentang makanan favorit anak. Informasikan juga makanan yang kiranya membuat anak alergi agar orangtua lain tidak memberi anak Anda makanan tertentu yang bisa membuatnya alergi.

Waktu bermain anak bersama teman memang penting untuk proses interaksi sosialnya. Nah, beberapa aturan di atas perlu Anda patuhi saat anak playdate agar baik Anda, anak-anak maupun orangtua lain merasa nyaman.

Baca juga:

  1. Main Gadget VS Main Bersama Ibu
  2. Ibu-Ibu Wajib Berteman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *