Banner Header Komunitas SOP

7 Hal Tidak Profesional yang Dilakukan Saat Ngantor

Browse By

Apakah Anda seorang pekerja kantoran yang tiap hari berkutat dengan segudang pekerjaan kantor? Lalu, apakah Anda sudah merasa bekerja dengan baik selama ini? Kira-kira adakah hal tidak profesional yang pernah Anda lakukan saat ngantor namun jarang sekali disadari?

Nah, beberapa hal tidak profesional di bawah ini nyatanya seringkali dilakukan para pekerja kantoran loh! 

7 Hal Tidak Profesional yang Dilakukan Saat Ngantor

  • Selalu Datang Terlambat

Siapa sih yang tidak pernah datang terlambat ke kantor? Tentu saja kita semua pernah datang terlambat saat ke kantor. Mungkin karena macet, karena harus mengurus sesuatu, hingga karena kendaraan yang mogok. 

Tapi, situasi tersebut tidak datang tiap hari bukan? Atau jika jalanan kota terus saja macet tiap hari, kita bisa berusaha berangkat lebih awal bukan?

Nah, hal tidak profesional inilah yang sering dilakukan tanpa sadar. Ya, meskipun kita tidak sadar dan cenderung masa bodoh karena terus datang telat, tapi toh ada banyak mata lain di kantor yang memperhatikan. Maka dari itu, yuk mulai perbaiki hal ini!

  • Komplain Sana – Sini

Pekerjaan yang berat, date line yang mepet selalu saja membuat semua orang yang ada di kantor stress. Namun, sebaiknya hal ini tidak membuat Anda jadi orang satu-satunya yang terus saja komplain sana-sini dan mengeluhkan betapa lelahnya pekerjaan yang dilakukan. Toh,  bukan hanya Anda yang merasakan kelelahan kan? Banyak dari teman-teman Anda juga merasakan hal yang sama.

Jadi, akan lebih baik hadapi saja pekerjaan Anda, buat daftar prioritas, kerjakan dengan cepat dan teliti. Maka, semua pekerjaan yang berat akan segera terlewati.

  • Hobi Menginterupsi

Hal tidak profesional lainnya yang sering dilakukan saat ngantor adalah hobi menginterupsi. Misalnya, saat teman sedang menjelaskan tentang rencana pekerjaan, Anda terus saja menginterupsinya dengan memberikan berbagai pendapat Anda.

Memberikan pendapat di dalam diskusi dengan partner kerja itu boleh-boleh saja, tapi tentu ada waktu dan porsinya. Akan lebih baik jika memberikan waktu pada partner kerja untuk menjelaskan terlebih dahulu, baru kemudian Anda menanggapinya. Tentunya dengan kalimat yang sopan dan tidak menyinggung perasaan.

contoh Hal tidak profesional saat ngantor

  • Suka Bergosip

Hal tidak profesional saat ngantor lainnya adalah suka bergosip. Ya, bergosip memang cukup menyenangkan. Apalagi dilakukan dengan teman di satu lingkungan kantor. 

Namun, hal ini perlu segera dibatasi loh! Pasalnya, Anda tidak mau kan dicap sebagai “Si tukang gosip?” 

Terlebih, bergosip di kantor cukup riskan karena mungkin saja orang yang Anda gosipkan mendengar perbincangan Anda. 

  • Selalu Ingkar Janji

Setiap orang pasti pernah ingkar janji, tapi bagaimana jika hal ini terus saja dilakukan dalam pekerjaan? Misalnya, saat Anda berjanji bahwa laporan bulanan akan dikirimkan pada atasan di hari senin, namun baru sampai hari jumat. 

Waah, tentu saja ini salah satu hal tidak profesional dalam bekerja. Untuk itu, sebaiknya berusaha lah menepati janji, apalagi janji tersebut berkaitan dengan pekerjaan. 

  • Meremehkan Pekerjaan Kecil

Setiap karyawan tentu memiliki prioritas dalam bekerja. Namun, bukan berarti pekerjaan yang sepele sampai dilupakan dong! Bisa jadi, pekerjaan yang Anda anggap sepele adalah pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Nah, jika sudah begini, bisa-bisa Anda ditegur atasan karena tidak profesional.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya lakukan setiap pekerjaan dengan serius meskipun pekerjaan tersebut Anda anggap sepele. Jangan lupa selesaikan pekerjaan tepat waktu agar tidak menimbulkan masalah bagi Anda di kemudian hari. 

  • Berpakaian Tidak Pantas

Bagaimana sih gaya berbusana Anda saat ngantor? Beberapa dari Anda mungkin mengenakan kemeja atau baju seragam kantor. Tapi, ada beberapa perusahaan yang membebaskan karyawannya dalam berpakaian. Nah, meskipun dibebaskan, bukan berarti bisa berpakaian seenaknya. Apabila perusahaan Anda memperbolehkan karyawannya mengenakan kaos, setidaknya kenakan kaos yang rapi. Hindari kaos compang-camping yang terkesan membuka aurat. 

Dalam dunia kerja, setiap karyawan memang dituntut untuk profesional dalam bekerja. Namun, tak jarang kita lupa melakukan sesuatu yang justru dianggap tidak profesional. Nah, beberapa hal di atas adalah hal-hal yang dianggap tidak profesional dalam bekerja. Sebaiknya kita hindari hal yang demikian. 

Baca juga:

  1. “Bad Day” di Kantor Pantang Dibawa Pulang, Ini Caranya!
  2. Mitos Ibu Bekerja yang Harus Diluruskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *