Banner Header Komunitas SOP

Aktivitas Anak Setelah Pulang Sekolah

Browse By

Apa sih yang selalu dilakukan anak setelah pulang sekolah? Nah, sebagai orangtua sebaiknya mulai biasakan anak melakukan aktivitas positif yang menunjang kemandirian anak sejak dini. 

Apa saja sih aktivitas yang perlu dilakukan si kecil setelah pulang sekolah? Beberapa aktivitas harian ini mungkin bisa Anda biasakan pada anak.

  • Melepas sepatu dan meletakkan di rak sepatu

Sebaiknya biasakan anak-anak melepas sepatunya sendiri setelah pulang sekolah. Jangan lupa ingatkan anak untuk meletakkan sepatunya tersebut pada rak sepatu yang sudah disiapkan. Kebiasaan baik ini akan diingatnya dan terbawa hingga dewasa nanti.

  • Menggantung jaket/baju di tempatnya

Jangan lupa, latih anak menggantungkan jaket atau baju yang ia kenakan. 

Jangan biasakan anak meletakkan pakaian sembarangan, misalnya saja di ranjang atau kursi ruang tamu.

  • Mencuci tangan dan pergi ke toilet

Mencuci tangan sepulang sekolah sangatlah penting. Maka, biasakan anak mencuci tangan sepulang sekolah dan jangan lupa memintanya untuk pergi ke toilet segera setelah pulang dari sekolah.

  • Ganti baju

Sebaiknya jangan biarkan anak main sambil mengenakan seragam sekolah. Biasakan anak untuk mengganti pakaian segera setelah pulang sekolah dengan pakaian yang digunakan di rumah. Ingatkan anak bahwa seragam sekolah hanya digunakan saat di sekolah dan bukan di rumah.

  • Mengosongkan tas sekolah dan tempat makan siang

Setelah berganti pakaian, ajarkan anak untuk mengosongkan tas sekolahnya, sembari mengambil tempat makan siangnya. 

Apabila anak masih terlalu kecil untuk mencuci tempat makan siangnya sendiri, maka mintalah anak untuk meletakkan tempat makan siang di tempat cuci piring.  

Aktivitas anak sepulang sekolah

  • Makan snack 

Makan snack setelah pulang sekolah cukup penting karena anak-anak akan merasa lapar setelah pulang sekolah. Meskipun anak-anak sudah makan siang di sekolah. Nah, biarkan anak makan snack setelah pulang sekolah, tapi pastikan bahwa snack tersebut mengandung nilai gizi yang baik untuk anak.

  • Mengerjakan PR

Nah, setelah makan snack sebaiknya biasakan anak untuk mengerjakan PR setelah pulang sekolah, agar ia tidak lupa mengerjakannya di malam hari. 

  • Tidur siang

Setelah mengerjakan PR, minta anak untuk tidur siang. Tidur siang sangat penting baginya untuk mengembalikan energi yang telah banyak terkuras dari pagi sampai siang hari di sekolah. 

  • Bermain di luar

Setelah bangun tidur, biarkan anak bermain bersama teman-teman di luar rumah. Misalnya main layang-layang, main bola, main boneka dsb. Bermain di luar rumah cukup penting bagi anak loh agar ia bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebaya dan agar ia terus aktif bergerak. 

  • Mandi

Sebaiknya, batasi anak bermain. Biasakan anak untuk mandi segera setelah pulang bermain. Apalagi jika anak bermain ke tempat yang membuat bajunya kotor, misalnya bermain bola di lapangan. 

  • Membantu pekerjaan rumah

Setelah mandi, biasakan anak membantu pekerjaan rumah. Sesuaikan pekerjaan rumah anak dengan usianya. Misalnya bagi anak yang masih berusia 5 tahun, Anda bisa memintanya untuk membantu menyapu atau mengelap meja dan kursi. Kebiasaan membantu pekerjaan rumah ini sangat baik bagi kemandirian anak loh.

  • Makan malam

Ajak anak untuk makan malam bersama keluarga. Jangan lupa ajarkan etika makan saat di rumah. Etika makan yang Anda ajarkan saat di rumah akan menjadi keterampilan hidup yang dibawanya sampai dewasa kelak. 

  • Belajar dan mempersiapkan pelajaran keesokan hari

Setelah makan malam, minta anak untuk belajar dan mempersiapkan pelajaran untuk keesokan harinya. Latih anak mempersiapkan buku-buku pelajarannya sendiri sejak kecil.

  • Tidur malam

Biasakan anak tidur malam tidak lebih dari jam 10 malam, agar ia tidak kesiangan keesokan harinya. Jauhkan anak dari gadget agar tidurnya lelap di malam hari. 

Sebaiknya ajarkan anak melakukan aktivitas yang menunjang kemandiriannya saat pulang sekolah. 

Daftar aktivitas di atas, bisa anda coba ya, Parents. 

Baca juga:

  1. Tujuh Masalah Paling Umum yang Dihadapi nak di Sekolah
  2. Bukan Berteriak, Inilah 6 Cara Efektif Membangunkan Anak untuk Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *