contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Anak Berkemauan Keras Bukan Anak Bandel

Karakter anak memang sudah bisa ditebak mulai dari kecil. Orang tua yang telaten mengurus anak pasti sangat tahu bagaimana karakter anak-anak mereka. Dari sekian banyak karakter yang ada, beberapa anak memiliki karakter keras, mudah marah, dan tidak bisa diatur. Anak-anak seperti ini sering kali dilabeli sebagai ‘anak nakal’, ‘anak tak bisa diatur’, ‘anak suka melawan’, atau yang dalam istilah asingnya disebut sebagai strongwilled child.

Misalnya, ketika anak-anak akan akan diajak ke pernikahan, ia bersikeras untuk memakai kaos gambar kartun kesukaannya. Padahal, parents sudah menyiapkan beberapa alternatif baju yang lebih cocok untuk acara tersebut. Walau sudah diberi penjelasan, si kecil tetap ngotot dengan kaos kesayangannya. Pernah mengalaminya juga?

Mendidik anak berkemauan keras memang lebih menguras kesabaran dan tenaga. Akan tetapi, apakah anak-anak seperti ini memang anak yang bandel? Atau mungkin ada sesuatu yang lain yang bisa ditonjolkan dari anak-anak berkemauan keras? Menurut Nicky Maulani, M. Psi dari Rumah Sakit Hermina, sikap anak yang keras kepala memang umum ditunjukkan, terutama anak-anak usia 2 – 5 tahun. Fase ini adalah fase di mana anak mulai menyadari bahwa dirinya adalah seseorang yang independen dari orang dewasa, termasuk orangtuanya. Inilah yang menyebabkan mereka sering tidak menuruti apa yang Anda perintahkan.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket