Banner Header Komunitas SOP

Antarkan Anak Sekolah? Ingat Hal-Hal Penting Ini!

Browse By

Hari pertama masuk sekolah sebentar lagi tiba nih Parents. Bagaimana dengan persiapan Anda dan anak-anak di hari pertama masuk sekolah nanti? Apakah semua perlengkapan sekolah anak sudah dipersiapkan jauh-jauh hari? Sudahkah memikirkan bagaimana transportasi ke sekolah baru anak? Lalu, apakah Anda akan mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya masuk sekolah?

Ya, banyak orangtua yang sengaja mengantar anak di hari pertama masuk sekolah. Selain karena ingin memberikan semangat pada anak, mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah sangat dianjurkan oleh pemerintah. 

Pemerintah bahkan menghimbau semua orangtua untuk turut berperan aktif dalam mensukseskan gerakan mengantar anak ke sekolah ini. 

Nah, jika semua pihak sudah mendukung Parents untuk mengantar anak di hari pertamanya masuk sekolah, lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat mengantar anak ke sekolah?

Hal Penting Saat Mengantar Anak Ke Sekolah

🏫 Hindari Menunjukkan Wajah Panik, Stres atau Sedih

Hal penting pertama yang harus Parents lakukan saat mengantar anak masuk sekolah di hari pertamanya adalah hindari menunjukkan wajah panik, stres atau sedih. Meskipun Anda sangat khawatir tentang bagaimana anak sekolah di hari pertamanya, tetap saja sebaiknya tunjukkan wajah bahagia dan ceria pada anak. 

Ekspresi yang Anda tunjukkan pada anak sangat berpengaruh pada suasana hatinya. Jika Anda menunjukkan wajah panik atau stres, maka anak juga ikut stres dan panik di hari pertamanya sekolah. Kepanikan yang ia rasakan isa berpengaruh pada semua kegiatan yang ia lakukan di hari pertamanya masuk sekolah. 

🏫 Jangan Pergi Tanpa Memberitahu Anak

Beberapa orangtua mungkin akan pergi segera setelah mengantar anaknya ke sekolah di hari pertama dengan alasan yang beragam. Ada yang beralasan karena ingin segera ke kantor, tapi ada juga yang beralasan agar anak tidak semakin rewel jika terlalu lama bersama dengan orangtua di hari pertamanya masuk sekolah. 

Kondisi ini seringkali membuat orangtua pergi tanpa memberitahu anak. Biasanya, orangtua akan menunggu anak sampai ia bermain bersama teman, kemudian dengan diam-diam meninggalkan anak. 

Nah, sebaiknya hindari melakukan kebiasaan ini ya Parents, agar anak tidak merasa ditinggalkan dan tidak merasa semakin stres. Alangkah lebih baik jika Anda memberitahu anak sebelum meninggalkannya di sekolah. Misalnya, katakan pada anak bahwa Anda akan pergi ke kantor atau Anda harus pergi untuk mengurus keperluan lain. Jelaskan juga pada anak bahwa ia akan bersama dengan guru dan teman-teman yang lain. 

🏫 Beri Pelukan dan Ciuman

Sebaiknya berikan pelukan dan ciuman saat Parents mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya. Hal ini penting dilakukan agar anak merasa tenang dan tidak khawatir menghadapi hari pertamanya di sekolah. 

Sembari memeluk dan memberikan ciuman hangat pada anak, Parents bisa menyampaikan beberapa hal yang perlu diingat anak saat berada di sekolah. Misalnya, katakan pada anak untuk tidak lupa makan bekal yang sudah Anda siapkan sebelumnya, dsb.

🏫 Temui Salah Satu Guru

Hal lain yang perlu Anda ingat saat mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya adalah temui salah satu guru di sekolah tersebut. Alangkah lebih baik jika Anda bisa bertemu langsung dengan wali kelas anak. 

Katakan pada guru atau wali kelas beberapa hal penting tentang anak. Misalnya, jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu, Anda bisa memberi nomor telepon yang bisa dihubungi oleh guru saat kesehatan anak terganggu di sekolah. Anda juga bisa memberitahu guru tentang obat tertentu yang perlu dikonsumsi anak saat di sekolah, apabila anak memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

🏫 Berbicara dengan Salah Satu Orangtua Murid Lain

Bukan hanya menemui guru atau wali kelas kelas anak, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan saat mengantar anak ke sekolah adalah berbicara dengan salah satu orangtua murid. Bila perlu mintalah nomor telepon yang bisa Anda hubungi dengan tujuan agar Anda bisa saling memberi kabar tentang kegiatan sekolah atau hal-hal lain yang berkaitan dengan sekolah anak. 

Alangkah lebih baik jika Anda bisa menjalin hubungan baik dengan orangtua murid lain di hari pertama anak masuk sekolah. Sebaiknya, hindari rasa malu atau rendah diri untuk berteman dengan orangtua murid lain. 

🏫 Beri Anak Semangat dan Tenangkan Anak

Hal penting lainnya yang harus Anda ingat saat mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya adalah berikan anak semangat dan tenangkan anak. Beberapa anak mungkin saja merasa stres, takut dan khawatir. Oleh karena itu, orangtua wajib untuk menenangkan anak. Sebaiknya katakan pada anak bahwa ia akan bersenang-senang dengan teman-teman lain di hari pertamanya masuk sekolah. Katakan juga bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan untuk belajar hal baru dan tempat yang menyenangkan untuk mencari teman baru.

mengantar anak hari pertama sekolah hal penting

Tips Untuk Parents Sebelum Anak Masuk Sekolah 

  1. Ingatkan anak untuk tidak malu meminta izin pada guru saat ingin pipis atau BAB.
  2. Latih anak melepas sepatu sendiri apabila sekolah mewajibkan anak-anak tidak memakai sepatu di dalam kelas. Sebaiknya, berikan anak sepatu dengan perekat yang  mudah dilepas dan dipakai kembali. Latih juga anak melepas jaket dan menaruhnya di tempat yang sudah disediakan di kelas.
  3. Jangan biarkan anak kesulitan membuka bekal makanannya. Lebih baik buka bungkus snack di rumah terlebih dahulu, kemudian masukkan snack tersebut di tempat makan anak.
  4. Beri label pada semua perlengkapan sekolah anak agar tidak tertukar dengan teman. Siapkan juga label nama anak yang belum digunakan agar ia bisa menempelkan pada buku atau perlengkapan sekolah lain yang didapatnya di kelas.
  5. Latih anak makan bekalnya saat di rumah sehingga ia tidak merasa kesulitan saat melakukannya sendiri di sekolah.

Mengantarkan anak ke sekolah di hari pertamanya memang penting agar anak lebih semangat menghadapi harinya di sekolah. Sebaiknya perhatikan beberapa hal penting di atas agar hari pertama masuk sekolah anak tidak diwarnai drama masuk sekolah seperti rewel atau tantrum.

Baca juga:

  1. Tipe-Tipe Ibu Penjemput Anak Sekolah
  2. Hal-Hal yang Dicemaskan Si Kecil saat Masuk SD!
  3. Lima “Drama” Anak Saat Hari Pertama Masuk Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *