Banner Header Komunitas SOP

Apa Saja yang Dirasakan Pria Saat Jadi Ayah?

Browse By

“Jadi, apakah Anda sebentar lagi akan menjadi Ayah?”

Jika iya, maka pasti Anda sudah tidak sabar menyambut buah hati tercinta ke dunia ini. Lalu, apa saja yang sekarang ini Anda rasakan? Apakah hanya perasaan tidak sabar dan gembira? Adakah perasaan khawatir, takut, gelisah dan bingung?

Nah, jika Anda merasakan perasaan tersebut sebelum menyambut kelahiran buah hati tercinta, maka hal ini sangat wajar.

Mungkin di benak Anda sekarang ini sedang berkecamuk banyak hal. Mulai dari nama apa yang harus disematkan pada anak, bagaimana nanti cara menggendong anak, bagaimana cara menenangkan anak saat menangis, dan tentu masih banyak lagi.

Tenang, Anda tidak sendirian! Banyak Ayah baru di luar sana yang merasakan hal sama. Nah, hal apa saja yang dirasakan pria saat menjadi Ayah baru?

Apa Saja yang Dirasakan Pria Saat Menjadi Ayah?

  • Aku Merasa Bingung

Hal pertama yang dirasakan pria saat jadi Ayah adalah kebingungan. Pria akan mendapati dirinya bingung karena tidak tahu apa yang harus dilakukan saat buah hatinya yang masih sangat kecil menangis. Pria yang saat ini sudah menjadi Ayah sungguh tidak mengerti segala hal yang dibutuhkan oleh bayi. Belum lagi kebutuhan istrinya yang saat ini sedang lemah pasca proses persalinan. Jadi, jangan kaget jika para Ayah baru terkesan linglung ya, karena sesungguhnya banyak hal yang sedang dia pikirkan dan rasakan.

  • Perasaanku Campur Aduk

Setelah perasaan bingung, hal lain yang dirasakan pria saat jadi Ayah adalah perasaan campur aduk. Ya, kira-kira inilah yang sedang dirasakan Ayah baru. Perasaan campur aduk ini karena seorang Ayah baru, merasa senang sekaligus khawatir secara bersamaan. Senang karena buah hati yang selama ini ditunggunya selama 9 bulan akhirnya terlahir di dunia. Namun, khawatir karena memikirkan tanggung jawab baru yang akan diemban kelak. Mulai dari tanggung jawab mengasuh, mendidik serta membesarkan semua juga akan ditanggung oleh Ayah. Beberapa Ayah bahkan merasakan dirinya sekarang memiliki kebebasan yang terbatas karena sudah memiliki tanggung jawab baru.

  • Aku Merasakan Cinta Berbeda

Mencintai anak tentu berbeda dengan mencintai pasangan. Perasaan cinta yang baru dan berbeda ini tentu akan dirasakan oleh Ayah. mungkin ini adalah perasaan yang tidak bisa dijelaskan, namun sangat kuat. Ya, itulah ikatan perasaan antara Ayah dan anak. Dan, ketika pria merasakan cinta ini, Ia akan sadar bahwa dirinya telah menjadi Ayah bagi buah hati kecilnya. Jadi, jangan heran jika beberapa pria yang telah menjadi Ayah akan sangat terharu ketika merasakan momen ini.

  • Aku Merasa Takut

Jika Anda adalah seorang pria yang baru saja menjadi Ayah dan merasa takut tanpa sebab dan alasan pasti, maka ini adalah perasaan yang wajar. Kebanyakan Ayah baru akan merasakan bahwa dirinya takut akan banyak hal. Misalnya takut tidak bisa menjadi Ayah yang baik, takut tidak bisa memikul tanggung jawab sebagai seorang Ayah dan suami yang sempurna, takut tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga, hingga takut melakukan kesalahan yang sama seperti orang tuanya dulu.

  • Depresi

Semua perasaan takut, khawatir, bingung, dan campur aduk tersebut jika tidak segera diatasi akan membuat seorang pria yang baru saja menjadi seorang Ayah akan mengalami depresi.

Depresi ini biasa disebut dengan postpartum depression seorang Ayah. Ya, memang bukan hanya Ibu yang bisa mengalami postpartum depression, namun Ayah juga bisa mengalaminya loh. Ditambah lagi seorang Ayah tidak bisa cuti atau beristirahat lama setelah istrinya melahirkan. Nah, waktu yang ketat dan banyaknya hal yang dipikirkan oleh Ayah ini mampu membuatnya depresi.

  • Kadang Aku Merasa Tidak Berguna

Hal lain yang dirasakan pria saat jadi seorang Ayah adalah perasaan bahwa dirinya tidak berguna.

Ya, walaupun sudah banyak hal yang dilakukan seorang Ayah , namun tetap saja kadang Ayah merasa bahwa dirinya tidak berguna. Khususnya jika Ayah tidak berhasil melakukan sesuatu untuk buah hati dan istrinya tercinta. Perasaan bersalah dan merasa tidak berguna ini akan bertambah, manakala tidak ada dukungan dari pasangan dan keluarga terdekat loh. Untuk itu, sebaiknya pasangan harus menyemangati Ayah dan hindari menyalahkan Ayah karena belum bisa merawat bayi dengan sempurna.

  • Aku Ingin Menyelesaikan Semua Pekerjaanku dengan Baik tapi Tidak Bisa

Sulit memang melihat istri merawat buah hati sendirian, sehingga banyak Ayah yang selalu membantu istrinya baik secara fisik maupun secara emosional. Tak jarang Ayah baru rela menghabiskan banyak waktu di rumah untuk bersama-sama istri merawat si kecil. Ayahpun sudah tidak memiliki banyak tenaga tersisa untuk pekerjaanya di kantor, sehingga pekerjaannya banyak yang tidak selesai tepat waktu. Mungkin hal ini yang banyak dirasakan oleh pria saat menjadi Ayah baru.

  • Aku Harap Aku Bisa Melindungi Mereka dari Apapun

Hal lain yang dirasakan pria saat menjadi Ayah adalah ingin melindungi anak dan istrinya dari apapun. Ini juga berarti bahwa seorang pria yang sudah menjadi Ayah tidak akan membiarkan anak dan istrinya tahu bagaimana perjuangan Ia mencari nafkah, atau sekedar melakukan hal-hal berat lainnya. Seorang Ayah tidak akan membiarkan anak dan istrinya terluka.

  • Aku Merindukan Istriku

Ya, pria akan merindukan istrinya saat menjadi Ayah. Meskipun Ia selalu bertemu dengan istrinya setiap saat, namun berkurangnya keintiman antara kedua pasangan akan membuat Ayah baru merasakan kerinduan terhadap istrinya. Hal ini wajar dirasakan oleh Ayah karena Ayah mungkin merasa tidak memiliki teman bicara lagi, atau tidak memiliki teman berkeluh kesah lagi. Kondisi ini karena Ayah dan Ibu terlalu fokus pada si kecil.

  • Merasa Sendirian

Beberapa pria yang baru saja menjadi Ayah mungkin merasa sedikit kesepian. Kesepian ini mungkin karena Ia tidak bisa lagi sering bertemu dengan teman-temannya, atau sekedar mengobrol dengan istrinya. Ayah baru juga merasa kesepian karena berada di kehidupan yang berbeda dengan saat Ia hanya bersama dengan istrinya.

yang dirasakan pria saat jadi ayah

 

Bagaimana Mengatasi Hal ini?

Meskipun banyak sekali perasaan yang dirasakan oleh kaum pria saat menjadi Ayah, namun Anda tetap harus menghadapi semua perasaan ini dengan kepala dingin. Jangan sampai perasaan takut, khawatir ini berubah menjadi depresi, sehingga mengganggu kesehatan mental Anda. Sebaiknya persiapkan diri sejak dini sebelum menjadi Ayah. Salah satu caranya bisa dengan mengikuti berbagai kelas parenting tentang tips merawat bayi baru lahir. 

Usahakan selalu menjalin kedekatan dan komunikasi baik dengan anggota keluarga lain, sehingga bisa mengurangi rasa cemas yang sedang dirasakan.

Bagi Anda yang sebentar lagi menjadi seorang Ayah juga boleh loh bertukar pikiran dengan teman-teman lain yang sudah menjadi seorang Ayah. Cara ini dilakukan agar Anda bisa memiliki sedikit gambaran bagaimana menjadi seorang Ayah sesungguhnya.

Artikel Terkait:

  1. Sudah Siap Jadi Ayah Belum Nih?
  2. Postpartum Depression Pada Ayah

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Ns. Reisy Tane, M.Kep, S,Kep. A.n

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *