2020 Mengajarkan Saya Banyak Hal, Evaluasi END OF The YEAR

05 Desember 2020

Apakah Anda merasa bahwa tahun 2020 adalah tahun paling berat?

Jika benar demikian, Anda tidak sendiri karena nyatanya tahun 2020 ini adalah tahun yang paling berat bagi kita semua. Datangnya pandemi seakan memperlambat semua aspek dalam kehidupan kita. Bisnis yang semestinya bisa melaju pesat, nyatanya harus rela gulung tikar, resolusi-resolusi yang sudah Anda siapkan di tahun 2019 lalu, hampir semua tertunda bahkan terancam tidak terlaksana. Anak-anak yang seharusnya menikmati waktu belajar dan bermain bersama teman di sekolah, harus rela hanya berhadapan dengan layar smartphone dan menghadiri kelas-kelas daring.     

Haruskah kita berhenti dan menyerah?

Beberapa orang mungkin memikirkan hal ini sebagai satu-satunya jalan keluar. Namun, dengan “berhenti dan menyerah”, tidak akan mengubah keadaan. Pandemi tetap ada di sekitar kita, sampai waktu yang tidak bisa kita perkirakan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan saat ini adalah terus maju melangkah dan menapaki masa depan. 

Bagaimana Caranya?

  • Tak Apa Berjalan Lambat asal Tak Berhenti

Mari kita uraikan satu persatu. Pertama, setiap orang tentu memiliki pengalaman dan situasi yang berbeda, pun dengan tantangan yang mereka hadapi setiap hari. Satu hal yang pasti, kita semua sedang mengarungi luasnya samudera dengan kapal masing-masing. Ada yang menggunakan kapal pesiar, ada yang menggunakan sekoci, bahkan ada yang menggunakan sampan. 

Datangnya ombak dan angin dari samudera, tentu akan menggoyahkan armada kita. Tugas kita sebagai nahkoda di setiap kapal adalah berusaha agar tidak tenggelam. Artinya, tak apa berjalan melambat, asal Anda tidak berhenti. Mencari referensi lain untuk menjaga keseimbangan kapal, sebaiknya segera kita lakukan agar kapal yang kita tumpangi tidak tenggelam. 

  • Tanggap dengan Situasi

Badai pasti berlalu, jadi kita perlu selalu siap mengalami perubahan sekecil apapun saat ini. Kesampingkan dulu ambisi Anda, setidaknya sampai samudera benar-benar tenang, yaitu sampai pandemi ini berakhir. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh berambisi, hanya saja sesuaikan ambisi Anda dengan situasi yang sedang terjadi saat ini. 

pelajaran berharga dari 2020

  • Kesehatan Mental adalah Hal Utama

Tahun 2020 ini mengajarkan pada kita semua bahwa kesehatan mental adalah hal utama selain kesehatan fisik. Khususnya bagi Anda yang cukup stres menghadapi pandemi ini. Mengambil waktu luang untuk beristirahat atau menggunakan waktu luang untuk melakukan kegiatan lain adalah salah satu usaha menjaga kesehatan mental. Apalagi jika aktivitas Anda justru menghasilkan pendapatan baru selain usaha atau pekerjaan yang sedang digeluti sebelumnya. 

  • Re-labelling tentang Kehidupan Anda

Terkadang lebih mudah untuk memberikan label ulang pada kehidupan yang Anda jalani saat ini. Misalnya, alih-alih menyebut tahun 2020 sebagai tahun terberat karena ada pandemi, Anda bisa menyebut tahun ini sebagai tahun “istirahat”. Dimana Anda bisa memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan anak-anak dibanding tahun lalu. 

  • Semakin Mahir Bertahan

Tahun 2020 ini mengajarkan kita untuk semakin mahir bertahan dalam kehidupan ini. Segala perubahan yang terjadi tiba-tiba tahun ini membuat kita semakin pandai mengatasi berbagai tantangan yang sedang terjadi. Serta membuat kita semakin pandai membuat perencanaan A, B, C dalam menghadapi tantangan dalam hidup. 

Jadi, apa yang Anda pelajari 2020? 

  1. Anti Tekor saat Belanja Akhir Tahun
  2. Kenali Kebahagiaan Diri Yuk!
Bagaimana Menurut Anda?
+1
3
+1
1
+1
0
Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket