Banner Header Komunitas SOP

Melawan Malas Ngantor Setelah Libur Lebaran

Browse By

Libur Lebaran memang masa yang menyenangkan, bukan hanya bagi anak-anak tapi juga bagi Anda yang sudah bekerja. Masa-masa liburan sering dihabiskan bersama dengan keluarga dan anak-anak untuk berkumpul, berwisata dan melakukan hal lain yang menyenangkan. Tentu saja, masa liburan lebaran ini tidak Anda gunakan untuk memikirkan urusan pekerjaan.

Nah, kira-kira apa yang terjadi saat liburan Lebaran telah usai nih? Apakah Anda merasa malas bekerja atau ngantor? Terlebih jika di awal masuk kerja ada setumpuk pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan.

Rasa malas ngantor setelah libur panjang memang sering dirasakan oleh sebagian besar orang. Mengingat masa liburan yang menyenangkan bersama keluarga harus berakhir dan digantikan aktivitas yang penuh dengan tekanan di tempat kerja. Tapi, rasa malas ini harus segera diatasi agar pekerjaan Anda tidak terganggu dan semua deadline bisa terpenuhi dengan baik.

Bagaimana Mengatasi Malas Ngantor Setelah Libur Lebaran?

👮 “Akhiri” Libur Lebaran Beberapa Hari Sebelum Ngantor

Tips pertama mengatasi malas ngantor setelah libur panjang adalah dengan “mengakhiri” perjalanan liburan beberapa hari sebelum masuk kerja.

Tujuannya untuk memberikan waktu bagi diri Anda agar siap menghadapi hari pertama masuk kerja. Tips ini juga membantu Anda untuk rileks dan istirahat setelah lelah liburan di luar kota.

Nah, jika Anda harus ngantor hari Senin, maka sebaiknya segera akhiri liburan Anda di hari Jumat, sehingga di hari Sabtu dan Minggu bisa digunakan untuk beristirahat di rumah.  Gunakan waktu luang 2 hari ini untuk me-time agar pikiran Anda lebih tenang.

👮 Hindari Mengerjakan Tugas Kantor Sekaligus dalam Satu Hari

Biasanya, karena pekerjaan yang banyak di hari pertama masuk kerja, Anda terburu-buru mengerjakannya sekaligus, meskipun deadline dari pekerjaan tersebut masih 1 minggu lagi.  Tujuannya sih, agar di hari-hari berikutnya Anda lebih santai.

Padahal, mengerjakan pekerjaan sekaligus di hari pertama masuk kerja justru semakin meningkatkan rasa malas Anda ngantor di keesokan hari. Untuk itu, sebaiknya hindari mengerjakan tugas kantor sekaligus di hari pertama masuk kerja. Atur waktu Anda sebaik mungkin agar tidak terlalu stres karena pekerjaan.

Kerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu, baru yang dirasa lebih berat. Gunakan juga skala prioritas untuk memilah pekerjaan mana yang harus dikerjakan di awal dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya.

👮 Sebaiknya Selingi Aktivitas dengan Break Kecil

Meskipun tumpukan pekerjaan sudah di depan mata, sebaiknya jangan paksakan otak untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sebaliknya, selingi dengan break kecil agar otak tidak terlalu berat berpikir dan tidak terlalu stres.

Beberapa break kecil yang bisa Anda lakukan misalnya, minum kopi sambil ngobrol bersama rekan kerja, jalan ke kantin terdekat dari kantor untuk makan siang, atau sedikit melakukan peregangan otot agar otot tubuh tidak terlalu tegang berada di depan komputer. Tips ini sangat baik dilakukan untuk mengurangi rasa malas ngantor setelah libur Lebaran.

👮 Tidak Perlu Merasa Tertekan dengan Semua Email yang Masuk

Tips selanjutnya agar tidak malas ngantor setelah libur Lebaran adalah dengan tidak terlalu tertekan dengan semua email pekerjaan yang masuk. Sebaiknya baca dengan teliti semua email tersebut. Lakukan pemilahan mana email yang memang memerlukan jawaban segera dan mana yang berupa pemberitahuan dari rekan kerja mengenai update pekerjaan.

Catat dengan baik semua email agar tidak ada yang terlewat. Tips ini sangat berguna agar saat atasan bertanya tentang pekerjaan tertentu, Anda bisa menjawabnya dengan baik.

tips agar tidak malas ngantor setelah libur lebaran.

👮 Buat Catatan Kecil Pekerjaan

Nah, setelah Anda membaca dan memahami setiap isi email yang masuk, maka segera buat catatan kecil tentang hal yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Sebaiknya, buat catatan secara detail agar tidak ada yang terlewat. Catatan ini juga berfungsi untuk menjaga konsentrasi Anda selama bekerja setelah libur Lebaran.

👮 Bawa Kenangan Manis Liburan ke Kantor

Tips berikutnya agar tidak malas ngantor setelah libur Lebaran adalah dengan membawa kenangan manis liburan ke kantor.

Misalnya, membawa foto keluarga, foto liburan bersama teman, atau membawa kue-kue khas daerah asal. Tujuannya agar Anda tetap semangat menjalani aktivitas di kantor karena semua kenangan manis saat liburan bersama keluarga dan teman-teman.

👮 Memikirkan Rencana Liburan Selanjutnya

Memotivasi diri sendiri dengan memikirkan liburan selanjutnya bisa jadi tips yang cukup efektif untuk mengurangi kemalasan ngantor.

Misalnya, mulai merencanakan pergi ke taman bermain bersama anak di akhir pekan, atau berencana pergi mengunjungi saudara yang tidak sempat dikunjungi di libur Lebaran. Semua rencana liburan ini akan memberikan Anda semangat di awal kerja setelah libur panjang.

Malas ngantor setelah libur Lebaran memang sering terjadi. Nah, agar pekerjaan tidak terganggu karena rasa malas maka segera atasi dengan beberapa hal seperti tips di atas.

Baca juga:

  1. Cara Mudah Seimbangkan Aktivitas Ibu Bekerja
  2. Tantangan Sehari-Hari Ibu Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *