contact@schoolofparenting.id
(+62) 859 - 5025 - 6739
×
MASUK DAFTAR MEMBER
Media Belajar Partnership
contact@schoolofparenting.id (+62) 859 - 5025 - 6739
Apakah Perilaku Anak Saya Normal?

21 Maret 2020

Ketika usia anak menginjak balita, ada perilaku-perilaku unik anak yang menjurus ke sisi seksualitas. Orangtua sering merasa was-was dan bingung ketika anak-anak mulai meraba-raba alat kelaminnya dan sesekali memainkannya. “Apakah perilaku anak saya normal?” keluh ibu-ibu yang mendapati anaknya melakukan hal-hal unik yang menjurus ke seksualitas. Dalam hal ini, Anda harus memahami bagaimana kondisi buah hati Anda supaya tahu bagaimana harus bertindak.

Anak Balita Melakukan Pengamatan dan Penemuan

Wulan (27 tahun) bercerita bahwa putrinya yang masih berusia tiga tahun mulai suka memegang alat kelaminnya. Sesekali, Wulan mendapati anaknya meletakkan tangannya di antara selangkangannya, kemudian mulai menyentuh dan menggosok alat kelamin. Apakah hal ini wajar?

Sejak bayi berusia empat bulan hingga 6 bulan, bayi mulai sering menyentuh alat kelaminnya secara tidak sengaja. Baru ketika ia berusia tiga sampai 6 tahun, anak-anak sering menyentuh alat kelaminnya dengan sengaja, ini disebut fase phallic. Bagi anak, menyentuh alat kelamin adalah sesuatu yang memberikan rasa nyaman, hampir sama seperti kebiasaan mengisap jempol,karena sebenarnya fase phallic adalah fase peralihan dari fase oral.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket