Banner Header Komunitas SOP

Ingin Anak-AnakTerus Akur? Stop Lakukan 6 Hal Ini!

Browse By

Merasa anak-anak di rumah sering tidak akur? Mungkin terus berebut mainan, bertengkar karena beda keinginan dan lain sebagainya? Padahal, sebagai kakak adik dan saudara sekandung mereka harus terus akur agar bisa saling tolong dan mendukung. 

Lalu, bagaimana caranya agar anak-anak Anda tidak terlibat dalam big sibling blues dan selalu akur setiap saat? 

Nah, untuk membuat anak-anak selalu akur dan terhindar dari big sibling blues, beberapa cara mudah berikut ini bisa Anda coba terapkan dalam pola asuh sehari-hari.

Stop Lakukan 6 Hal Berikut agar Anak-Anak Tetap Akur

  1. Stop Dorong Anak Berkompetisi Setiap Saat

“Hayo siapa yang makan lebih cepat akan Ibu beri hadiah nanti!”

Familiar dengan kalimat perintah tersebut? Beberapa dari Anda mungkin pernah meminta anak untuk saling berkompetisi setiap saat dengan tujuan tertentu. Misalnya agar anak-anak bisa makan lebih cepat, atau agar anak bisa berpakaian lebih cepat dan lain sebagainya. 

Membuat anak-anak terus berkompetisi setiap saat hanya akan membuat anak Anda semakin tidak akur dan merasa bahwa saudaranya adalah lawan yang harus dikalahkan setiap saat. Untuk itu, mulailah berhenti mendorong mereka berkompetisi, meskipun kompetisi tersebut dimaksudkan untuk hal yang menurut Anda baik. 

2. Stop Membandingkan Anak-Anak Satu Sama Lain

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak-anak akur adalah dengan berhenti membandingkan mereka satu sama lain. Misalnya dengan mengatakan “Lihat adek saja bisa makan dengan baik, masak kakak tidak bisa?” atau “Nih, nilai kakak bagus sekali nih karena rajin belajar, bandingkan dengan nilai adek yang menurun karena terus-terusan main.” 

3. Stop Memberi Label Salah Satu Anak Anda

Selain berhenti membandingkan anak, sebaiknya hentikan juga melabeli salah satu anak Anda. Misalnya melabeli bahwa si adik lebih nakal daripada di kakak,atau sebaliknya.

Pelabelan yang Anda berikan pada salah satu anak akan menyakiti perasaan anak tersebut. Akhirnya, ia merasa diperlakukan berbeda dengan saudaranya. Kondisi ini yang akan membuat anak-anak semakin tidak akur.

cara agar anak-anak akur

4. Stop Menghukum Salah Satu Anak di Depan Anak Lainnya

Hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk membuat anak-anak akur adalah dengan berhenti menghukum salah satu mereka di depan lainnya. Sebagai contoh Anda menghukum si kakak di depan adiknya. Sebaiknya, apabila si kakak melakukan hal buruk, maka jauhkan kakak sementara waktu dan beri konsekuensi di ruang berbeda dengan si adik. 

Melalui cara ini, si kakak tidak akan merasa malu karena dihukum di depan si adik. Lakukan hal sebaliknya jika si adik melakukan kesalahan dan Anda berencana memberikan konsekuensi.

5. Stop Berteriak Pada Anak karena Mereka Saling Bertengkar

Sebaiknya hindari berteriak pada anak-anak saat mereka saling bertengkar. Beberapa dari Anda mungkin saja menyarankan anak-anak untuk tidak marah-marah atau tidak bersedih karena saudaranya telah mengambil mainannya. Padahal, si kecil mungkin belum bisa mengendalikan perasaannya. Maka dari itu, bantu anak untuk menyalurkan kesedihannya tersebut dan sebaiknya jangan meminta mereka untuk tidak bersedih atau marah. 

Perasaan sedih atau marah itu wajar dan boleh dirasakan oleh setiap anak. Tugas Anda sebagai orangtua hanya membantu mereka menyalurkan kesedihan atau kelola kemarahannya dengan cara yang bijak. Inilah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak-anak tetap akur.

6. Stop Memaksa Mereka Berbagi dengan Cara Kurang Bijak

Beberapa dari Anda mungkin selalu membiasakan si kecil berbagi dengan saudaranya. Namun, sebaiknya dorong anak berbagi dengan cara yang bijak. Hindari meminta anak berbagi dengan mengatakan “Kalian harus belajar berbagi, kalau tidak mainannya akan Ibu ambil!”

Alih-alih mengatakan hal tersebut, sebaiknya katakan saja “Kak, tolong ambilkan mainan itu dulu, adikmu ingin bermain dengan mainan itu dan kamu bisa bermain dengan mainan itu setelah adik. Tapi, kalau kakak tidak ingin ingin berbagi mainan dengan adik sekarang, itu pilihanmu. Tapi, menurut Ibu akan sangat baik jika kakak berbagi mainan tersebut dengan adik. Sekali lagi keputusan ada ditanganmu kak”

Membuat anak tetap akur memang tidak mudah. Beberapa cara di atas bisa Anda coba terapkan agar si kakak dan si adik terus bisa akur saat bersama. Selamat mencoba.

Baca juga:

  1. Mengenal “Big Sibling Blues”: Langkah Kurangi Iri Pada Anak
  2. Daripada Marah-Marah, Ini Cara Efektif Mendamaikan Kakak-Adik yang Sedang Bertengkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *