Banner Header Komunitas SOP

Kenapa Suami Berbohong? Bisa Jadi 5 Hal ini Alasannya!

Browse By

Banyak yang bertanya kenapa sih suami berbohong? Bagi para istri, kebohongan jenis apapun yang dilakukan para suami tentu saja bisa memicu pertengkaran. Tak jarang para istri sering ngomel kalau suaminya menyembunyikan kebenaran, apalagi jika sampai ketahuan, duh, ngeri..

Padahal, kebohongan yang dilakukan suami seringkali punya alasan yang belum tentu mau didengarkan oleh para istri. Kira-kira apa saja sih alasannya? Apakah alasan tersebut bisa diterima oleh para istri?

  • Suami Tidak Ingin dianggap Jahat

Siapa sih yang ingin dianggap jahat? Sepertinya hampir semua orang tidak mau dianggap jahat apalagi oleh orang yang paling dicintai. Inilah mungkin yang dirasakan para suami diluar sana. Tak jarang, untuk menciptakan kesan baik, suami memilih berbohong pada istri.

  • Tidak Ingin Memperbesar Masalah

Kebanyakan suami tidak suka bertengkar, apalagi untuk hal-hal yang sepele. Nah, berbohong kadang menjadi senjata ampuh nih bagi suami agar tidak terjadi perselisihan dengan istri. Toh, masalah yang sebenarnya bukan masalah yang besar. Suami kadang takut istrinya akan salah sangka terhadap hal-hal tertentu, padahal apa yang dipikirkan istri tidak selamanya benar.

  • Menyembunyikan Masa Lalu

Semua orang memiliki masa lalu, bedanya ada yang bangga dengan masa lalunya ada juga yang merasa malu. Nah, beberapa suami kadang berbohong untuk menutupi masa lalu yang dianggap memalukan atau merupakan pengalaman buruk. Tak jarang, para suami merasa akan diadili oleh masa lalunya. Itulah mengapa, berbohong menjadi solusi terbaik menurut versi suami.

  • Menguji Istri

Kebohongan suami juga bisa disebabkan karena ingin menguji sang istri. Loh kenapa harus diuji? Ya, ujian ini agar suami tahu perasaan istri sebenarnya. Kebanyakan suami ingin menguji Anda untuk melihat reaksi Anda terhadap hal-hal tertentu.

  • Tidak Percaya Pada Istri

Sedih memang tidak dipercayai pasangan. Tapi itulah yang mungkin terjadi saat suami membohongi istri. Beberapa suami terkadang menyembunyikan hal-hal tertentu pada istri karena rasa kurang percaya. Namun, tidak selamanya hal ini terjadi. Suami akan terang-terangan saat merasa istrinya bisa dipercaya.

Kebohongan-kebohongan kecil yang tidak sering dilakukan dan hanya demi kebaikan pasangan mungkin saja masih bisa ditolerir oleh sebagian dari Anda. Tapi, bagaimana jika kebohongan tersebut dilakukan hingga mengancam kelangsungan pernikahan seperti perselingkuhan?

Sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga Psikolog Loras College dan Julia Omarzu dan rekan-rekan, menemukan fakta bahwa dari 77 responden (22 pria dan 55 wanita dimana 73% nya sudah menikah) terdapat rata-rata 4 orang yang berbohong untuk berselingkuh. Kebanyakan tidak hanya menjalin hubungan dalam waktu singkat, namun hingga berjalan selama 1-5 tahun.

Beberapa hubungan perselingkuhan mungkin dimulai dari saling mengirim pesan chatting, kemudian mulai bertemu di saat jam makan siang, mobil bahkan di hotel. Jika sudah begini, semua terserah Anda. Anda bisa menyelesaikannya secara pribadi, berkonsultasi dengan konselor pernikahan atau memilih untuk mempertahankan pernikahan setelah badai perselingkuhan.

Lalu, bagaimana kita tahu suami sedang berbohong atau tidak? Biasanya, para istri memang punya “radar” atau “lie detector” alami untuk mengenali kebohongan suami. Dan ini beberapa panduannya:

  • Berhenti sejenak saat menjawab pertanyaan

Ciri ini adalah ciri paling umum saat seseorang berbohong. Biasanya seseorang akan mengambil waktu beberapa saat untuk memikirkan alasan tertentu sebelum menjawab pertanyaan.

  • Tidak Mau Melihat Mata Istri

Beberapa suami akan merasa malu atau takut ketahuan berbohong, sehingga tidak mau melihat mata istrinya. Banyak yang bilang kalau mata adalah jendela hati. Sepertinya hal ini memang benar.

  • Cerita Berbelit-Belit dan Tidak Cocok

Namanya saja berbohong, otomatis cerita yang disampaikan adalah rekayasa. Itulah mengapa kadang cerita yang disampaikan suami berbelit-belit dan tidak cocok satu sama lain. Terlebih jika disuruh mengulangi, suami sering lupa alurnya.

  • Memberi Terlalu Banyak Informasi

Tak jarang, untuk meyakinkan istri, suami sering memberikan informasi berlebih. Bahkan saat istri tidak menanyakan hal tertentu. Jika sudah begini, istri mungkin perlu sedikit curiga.

  • Gelisah

Gelisah adalah tanda umum seseorang berbohong. Kegelisahan muncul jika seseorang takut kebohongannya terungkap. Nah, beberapa orang bahkan terlihat gelisah dengan cara mengetuk-ngetuk jari di meja, memainkan kaki atau anggota tubuh lainnya.

Beberapa suami mungkin berbohong demi kebaikan. Namun jangan sampai berbohong menjadi satu kebiasaan yang akan menghancurkan diri sendiri bahkan pernikahan Anda. kejujuran adalah modal yang penting dalam pernikahan. Alih-alih berbohong demi menyenangkan istri, lebih baik katakan sejujurnya walaupun hal  tersebut menyakitkan.

Baca Juga :

  1. Atasi Cemburu dalam Pernikahan
  2. Mempertahankan Pernikahan Setelah Badai Perselingkuhan

2 thoughts on “Kenapa Suami Berbohong? Bisa Jadi 5 Hal ini Alasannya!”

  1. Jonathan Sables says:

    I am glad to be a visitor of this thoroughgoing website! , regards for this rare info ! .

    1. School of Parenting says:

      thank you so much
      hope you enjoy our next contents and articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *