Banner Header Komunitas SOP

Kurangi Stres Pada Ayah Ternyata Semudah Ini!

Browse By

Cukup banyak Ayah yang merasa tertekan dan stres setiap harinya. Stres dan tekanan yang dialami oleh para Ayah ini biasanya disebabkan karena tekanan pekerjaan di kantor atau karena kesulitan beristirahat dengan tenang saat di rumah. 

Bayangkan, saat Ayah lelah pulang kerja ia mendapati anak-anak yang sedang tantrum, rumah yang tidak rapi, Ibu yang stres karena belum beristirahat seharian, hingga makan malam yang belum siap.

Sudah pasti deh kondisi ini membuat Ayah merasa stres setiap harinya. Padahal para Ayah perlu mengelola stres agar keesokan hari kondisi fisik dan mentalnya bisa lebih segar, sehingga bisa bekerja kembali dengan baik.

Lalu, bagaimana sebaiknya cara Ayah mengelola stres saat di rumah?

Cara Kelola Stres Ayah dengan Mudah

  • Sisihkan Waktu dengan Keluarga

Cara mudah pertama yang bisa dilakukan untuk kelola stres Ayah di rumah adalah dengan menyisihkan waktu untuk keluarga, sesibuk apapun pekerjaan seorang Ayah. 

Misalnya, jika Ayah memang punya tugas untuk membantu Ibu membersihkan rumah sepulang kerja, rasa-rasanya pekerjaan ini bisa disisihkan terlebih dahulu sementara waktu.

Ayah, Ibu dan anak-anak bisa menghabiskan waktu bersama tanpa memikirkan pekerjaan rumah tangga. 

Gunakan kesempatan ini untuk bermain dengan anak, membacakan dongeng, bernyanyi bersama atau aktivitas lainnya yang membuat Ayah merasa lebih rileks dan gembira. 

Dengan merasa lebih santai dan gembira, tingkat stres para ayah bisa berkurang.

  • Biasakan Berkomunikasi dengan Istri

Biasanya stres yang dirasakan oleh seorang Ayah didorong karena kurangnya komunikasi dengan istri. Nah, untuk mengatasi stres Ayah ini, sebaiknya biasakan berkomunikasi dengan istri selelah apapun hari yang dilalui oleh Ayah. 

Buat jadwal khusus untuk berkomunikasi dengan istri, misalnya selama 30 menit tiap malam setelah anak-anak tidur. 

Sebaiknya sisihkan smartphone, TV, laptop atau barang elektronik lainnya. Gunakan kesempatan ini untuk berbicara secara intens dengan istri ya, Yah.

  • Konsumsi Makanan Bernutrisi dan Lakukan Olahraga Rutin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengelola stres Ayah adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi dan lakukan olahraga secara rutin. Melalui makanan yang bernutrisi, maka tubuh Ayah menjadi lebih segar sehingga bisa melakukan olahraga rutin yang membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat bebas stres. Sebaiknya hindari junk food, karena makanan ini justru dapat menambah tingkat stres seseorang.

Nah, Ayah juga sebaiknya melakukan olahraga secara rutin. Apabila tidak bisa dilakukan setiap hari, maka olahraga bisa dilakukan dua hari sekali. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah berenang, jogging, bersepeda, dsb.

  • Lakukan Me Time

Selain rajin mengkonsumsi makanan bernutrisi dan melakukan olahraga secara rutin, cara lain untuk mengelola stres adalah dengan me time

Sebaiknya Ayah melakukan aktivitas yang bisa membuatnya lebih tenang. Misalnya saja berkebun, membaca buku, minum teh/kopi atau aktivitas lainnya yang membuat Ayah rileks. Me time yang dilakukan Ayah ini diharap bisa membuat stresnya berkurang banyak.

  • Bergerak Lebih Aktif

Bergerak lebih banyak juga bisa mengurangi stres yang dialami oleh Ayah loh! Hormon endorfin yang dilepaskan saat Ayah melakukan aktivitas lebih aktif, bisa membantu mood Ayah menjadi lebih baik. 

Apabila mood Ayah baik, maka stres yang dirasakan juga semakin berkurang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan Ayah saat di rumah, misalnya berkebun, menyiram tanaman, melakukan treadmill, dsb.

cara kurangi stres pada Ayah

  • Pertajam Kualitas Diri

Menurut para ahli, kualitas diri yang baik bisa membantu seorang Ayah menghadapi tekanan dan stres dengan lebih baik. 

Kualitas diri yang dimaksud, yaitu kesehatan mental, kekuatan spiritual, dan kesehatan emosional, sosial serta fisik. Untuk itu, sebaiknya pertajam kekuatan spiritual dengan rajin beribadah, perkuat kesehatan mental dengan berusaha sebaik mungkin mengelola emosi setiap harinya.

  • Jangan Lupa Tertawa

Tertawa juga bisa Ayah gunakan untuk mengurangi stres loh! Tidak ada penangkal stres dan kecemasan yang lebih baik daripada tertawa kecil. Untuk itu, sediakan waktu cukup untuk tertawa setiap hari. 

Gunakan kesempatan yang Ayah miliki untuk menonton acara TV, menonton film komedi, membaca artikel lucu atau bercanda dengan anak di rumah agar lebih mudah tertawa.

  • Belajar Mengatakan Tidak

Beberapa stres yang dialami oleh Ayah berawal karena Ia tidak mampu menolak atau mengatakan tidak. Akibatnya, semua hal dilakukan oleh Ayah dengan berlebihan tanpa memikirkan batas lelah tubuh sendiri. Kelelahan yang terus dialami oleh Ayah sangat mudah membuatnya stres, sehingga penting bagi Ayah untuk menolak sesuatu yang memang tidak ingin dilakukan.

  • Minta Bantuan Terapis

Apabila semua hal di atas sudah Ayah coba, namun masih saja belum mampu mengurangi stres, maka segera hubungi terapis atau konselor keluarga. Konselor keluarga akan membantu Ayah mengelola stres dengan berbagai terapi.

Keluarga adalah harta yang sangat berharga dan harus dijaga sebaik-baiknya. Stres yang dialami oleh seorang Ayah bisa memicu berkurangnya keharmonisan dalam keluarga. Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka beberapa cara di atas bisa Ayah coba loh!

Baca juga:

  1. Ayah Juga Butuh Me Time!
  2. Manfaat Quality Time: Ayah vs Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *