Banner Header Tanya Ahli SOP

Mau Anak Percaya Diri? Pahami Triknya!

Browse By

Kemampuan untuk mempercayai diri sendiri dan orang lain adalah akar dari setiap hubungan yang  baik.

Kemampuan untuk mempercayai diri sendiri dan orang lain adalah akar dari setiap hubungan yang baik. Anda dapat mulai membangun rasa percaya anak sejak dini dengan bersikap responsif terhadap kebutuhan fisik dan emosionalnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa saat anak merasa tenang, akan lebih mudah untuk memperkuat kemampuan mereka dalam mengatasi kecemasan dan mengatur emosi. Saat anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan, Anda dapat meningkatkan kemampuannya untuk mempercayai dengan menciptakan lingkungan yang suportif. 

Beberapa hal berikut ini bisa membantu Anda untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak:

1.Tunjukkan Rasa Percaya Anda pada Anak

Tunjukkan pada anak, bahwa Anda mempercayai mereka. Kepercayaan di dalam sebuah hubungan haruslah berjalan dua arah. Sampaikan kepadanya bahwa apapun yang dia lakukan, Anda akan selalu ada untuknya. 

Maksud dari kalimat ini adalah untuk memberikan tanggung jawab yang sedikit lebih banyak. Cari tahu apakah dia bisa menanganinya atau tidak. Percayakan pekerjaan melipat baju, mencuci baju, atau sekedar membantu anak Anda memasak. Jangan selalu berekspektasi kesuksesan pada setiap hal yang dia lakukan. Dan coba untuk tidak bereaksi terlalu keras jika dia secara tidak sengaja memecahkan gelas atau hal lainnya. 

Bangun keterampilannya melalui proses pembelajaran, dan selalu tunjukkan padanya bahwa Anda mempercayainya. Anda mungkin merasa frustasi atas apa yang dia lakukan, tapi biarkan dia tahu bahwa Anda percaya penuh pada kemampuannya dalam mengambil keputusan di masa depan.

cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

2. Hormati Privasi Anak

Hormatilah privasi anak Anda. Kepercayaan yang Anda berikan padanya juga termasuk dalam hal-hal privasi. Anak juga memiliki hak untuk merahasiakan beberapa hal (kecuali hal-hal yang perlu Anda campur tangani). Terkadang anak Anda mungkin tidak mau berbicara mengenai beberapa hal, dan Anda perlu memakluminya. Kecuali ketika ada suatu alasan yang perlu didiskusikan. Dan memberikan dia privasi atau ruang untuknya sendiri adalah sebuah pilihan yang perlu diterapkan. Mereka akan merasakan sisi positif, yaitu mereka merasa memiliki bagian hidup yang terpisah dari orang tua.

3. Kembangkan Ikatan Kepercayaan bersama Anak

Bermain bersama anak Anda atau membacakan cerita untuknya sangat membantu Anda mengembangkan ikatan kepercayaan. Cara-cara ini bisa Anda lakukan untuk memupuk rasa percaya kepada anak, bahwa Anda akan berada di sisinya di setiap situasi. Menjawab beberapa pertanyaan yang dia miliki juga akan membuat mereka yakin, bahwa Anda dapat menjaganya dengan baik. Dengan demikian, kepercayaan mereka akan semakin kuat. Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan seperti apa kepercayaan yang perlu dibangun dalam sebuah hubungan yang baik. Dan jangan lupa untuk mengingatkan mereka untuk berhati-hati dalam mempercayai orang asing atau orang yang baru saja dia kenal.

Jadi, dari ketiga hal di atas, manakah yang pernah Anda coba untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak?

Baca Juga:

  1. Lima Penyebab Anak Tidak Percaya Diri
  2. Membolehkan Anak Memilih Pakaiannya Sendiri, Ini Sisi Positifnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *