Banner Header Komunitas SOP

Mau Mendisiplinkan Anak Orang Lain, Patuhi Aturan Ini!

Browse By

Mendisiplinkan anak orang lain sebenarnya sih boleh-boleh saja, asalkan paham aturan dan triknya supaya tidak menyakiti perasaan orang tua lain. Bukankah kita harus selalu menjaga hubungan baik dengan sesama orang tua lainnya?

Nah, agar hubungan baik dengan sesama orang tua terus terjaga, maka lakukan beberapa trik berikut ini saat kita merasa perlu mendisiplinkan anak mereka karena berbagai alasan. Misalnya saja anak orang lain yang mengajak anak kita bermain sesuatu yang berbahaya, atau anak orang lain yang mulai memukul atau mencubit anak kita saat bermain. 

Trik Mendisiplinkan Anak Orang Lain

  • Lakukan dengan Lembut Namun Tegas 

Jangan pernah berteriak saat berusaha mendisiplinkan anak orang lain. Sebaliknya, jika kita ingin menasehati mereka, maka lakukan dengan lembut namun tegas. Sebisa mungkin jangan menyakiti perasaan anak lain. Ingat, tujuan kita mendisiplinkan mereka untuk mengingatkan bahwa perilaku mereka berbahaya dan tidak baik.

  • Diskusikan dengan Orang Tua Anak Lain

Jika memungkinkan, sebelumnya diskusikan aturan yang kita terapkan bagi anak pada orang tua lain. Misalnya, seberapa lama anak-anak boleh menonton TV, snack apa saja yang boleh dikonsumsi, hingga diskusikan tentang konsekuensi apa yang diperoleh jika aturan tersebut dilanggar.

  • Jelaskan Ekspektasi Kita Sebagai Orang Tua

Anak-anak seringkali melanggar peraturan saat bermain bersama teman. Maka, luangkan waktu sebentar untuk menjelaskan peraturan bermain bersama. Misalnya,bermain air boleh,namun harus di halaman rumah, tidak boleh loncat-loncat di perabot, hingga tak boleh masuk ke ruang pribadi seperti kamar tidur. Jangan lupa ingatkan anak untuk saling berbagi mainan.

aturan mendisiplinkan anak orang lain

  • Tidak Perlu Memikirkan Hal Kecil

Trik mendisiplinkan anak orang lain yang cukup penting adalah hindari memperbesar hal kecil. Misalnya saja, anak orang lain tak sengaja menumpahkan minuman. Alih-alih marah-marah, sebaiknya ajak anak untuk bersama-sama membersihkan. Katakan padanya untuk berhati-hati saat membawa minum.

  • Jangan Mempermalukan Anak Orang Lain

Penting bagi kita untuk tak mempermalukan anak orang lain saat berusaha mendisiplinkannya. Misalnya saja menasehati anak orang lain dengan nada tinggi di depan teman-teman lainnya. Tentu hal ini akan membuat si anak malu. Lebih baik, dekati anak saat sedang tidak bersama anak lainnya. Tentunya, dengan sikap yang lembut.

  • Tekankan Hal Yang Positif

Hal yang paling penting dalam mendisiplinkan anak orang lain adalah tekankan hal yang positif pada anak. Misalnya, saat kita ingin meminta anak membersihkan mainan bersama katakan “Yuk, mainannya diberesin ya. Sini Tante bantuin. Yuk, dek Angga (anak orang lain) bantuin juga”.

Mendisiplinkan anak orang lain memang ada triknya loh Parents! Jangan sampai kita salah berbicara sehingga menyakiti perasaan anak dan orang tua lain. Beberapa trik di atas bisa kita jadikan referensi nih!

Baca juga:

  1. Bermain Di Rumah Teman? Jelaskan Aturan Sosial Tersembunyi ini Pada Anak Yuk!
  2. 10 Aturan yang Perlu Dipatuhi Para Ibu Saat Playdate
  3. Mendisiplinkan Anak Orang Lain, Boleh atau Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *