Banner Header Komunitas SOP

Menyanyi untuk Bayi Tidak Cuma Bikin Lelap, Loh!

Browse By

Parents punya kebiasaan menyanyikan lagu nina bobok untuk menidurkan anak? Tenyata, kebiasaan baik ini punya segudang manfaat loh untuk tumbuh kembang bayi dan balita, khususnya untuk mengasah kemampuan kognitifnya.

Ada banyak sekali manfaat bernyanyi untuk si kecil. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Menyanyi Untuk Bayi

Penelitian yang dilakukan oleh University of Montreal menunjukkan bahwa bayi akan jadi lebih tenang ketika rewel saat mendengar seseorang menyanyi. Penemuan ini menunjukkan bahwa bayi lebih bisa mengatur emosi mereka saat mendengarkan suara nyanyian. Tak hanya itu, menyanyi lagu nina bobo untuk bayi dan balita juga bisa membantu perkembangan bahasa, menyembangkan kemampuan emosional, dan sebagai terapi anak-anak penderita autisme. Apa lagi manfaat lainnya?

1.      Mengembangkan kemampuan bahasa

Menyanyi secara sederhana dapat merangsang anak untuk mengucapkan kosakata tertentu yang ia mungkin belum tahu apa artinya. Lirik-lirik lagu anak yang berulang dan berirama membuat anak semangat untuk mengucapkan kata-kata baru dan bertanya apa makna dari lirik yang ia nyanyikan.

2.      Melodi yang Bahagia membuat Anak Lebih Ceria

Lagu anak-anak biasanya menggunakan melodi-melodi yang ceria dengan lirik yang berulang-ulang. Melodi yang ceria akan membuat emosi anak lebih positif. Pada bayi, menyanyikan lagu bernada riang bisa membuatnya lebih tenang dan tidak rewel.

Manfaat bernyanyi untuk bayi

3.      Mempererat Hubungan Anak dan Orangtua

Ibu dan ayah yang sering menyanyikan lagu untuk anak-anak akan memiliki hubungan kedekatan yang lebih intens. Misalnya, ketika Parents menyanyikan lagu nina bobo untuk si kecil, Anda akan melakukan kontak mata dan sentuhan fisik. Bayi pun akan merasa lebih nyaman dan lebih tenang sehingga ia mudah terlelap.

4.      Mengasah Perkembangan Otaknya

Melalui lagu-lagu yang kita nyanyikan untuk anak, mereka akan belajar banyak hal baru, misalnya tentang kehidupan katak, proses terjadinya pelangi, dan lain sebagainya. Hal baru ini akan menumbuhkan imajinasinya sehingga perkembangan otaknya pun akan lebih bagus.

5.      Meningkatkan Kesehatan Bayi

Ketika mendengarkan musik atau sedang dinyanyikan sebuah lagu, detak jantung bayi bisa lebih teratur sesuai dengan ritme lagu yang didengarkan. Lagu anak-anak dengan ritme dan syair yang berulang-ulang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan si kecil.

Musik memang punya banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak, termasuk bayi. Menyanyi memang bisa dijadikan sebagai media untuk menyatukan orang-orang. Proses tersebut ternyata bisa dimulai sejak bayi. Caranya adalah dengan mulai menyanyikan senandung-senandung yang bahagia. Ini mungkin alasan mengapa orangtua jaman dahulu selalu menimang-nimang balita dengan lagu-lagu yang menenangkan.

Lalu, lagu apa yang sering Anda nyanyikan untuk si kecil?

Baca juga:

  1. Membangun Ikatan Saat Anak dalam Kandungan
  2. Membaca Minimal 15 Menit / Hari untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *