Banner Header Komunitas SOP

Parents, Lakukan Hal-Hal Ini Setiap Hari Karena Anak Perlu Role Model

Browse By

Merawat dan mendidik anak dalam waktu bersamaan memang bukan perkara mudah. Orangtua ditantang setiap hari untuk terus belajar dan menambah ilmu parenting agar mampu menghadapi segala situasi yang dihadapi oleh anak. Tak hanya itu, peran orangtua juga sangat diandalkan untuk membentuk anak menjadi individu-individu yang memiliki karakter positif. 

Semua tanggung jawab ini tentu saja membuat banyak orangtua yang merasa bingung harus memulai dari mana. Benarkah harus mulai dari mendisiplinkan anak terlebih dahulu? Atau haruskah mulai dari mengajarkan anak tentang empati terlebih dahulu?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya cukup sederhana, yaitu mulailah dari diri sendiri. Ya, didiklah anak dengan cara memberinya contoh perilaku setiap harinya. Inilah cara sederhana yang bisa orangtua lakukan untuk mulai mendidik anak. 

Lalu, apa saja yang perlu dicontohkan orangtua pada anak-anak setiap harinya? Beberapa contoh perilaku berikut ini bisa mulai Anda coba lakukan di rumah setiap harinya

Hal yang Perlu Dilihat Anak dari Orang tua Setiap Harinya:

  • Cara Anda Mengatur Emosi Setiap Hari

Hal pertama yang perlu anak-anak lihat dari orang tuanya setiap hari adalah bagaimana cara orang tua mengatur emosi. Oleh karena itu, saat Anda merasa sedang emosi di depan anak-anak katakanlah “Ibu/Ayah butuh waktu sebentar untuk merasa lebih baik.” Anda juga bisa mempraktekkan bagaimana menenangkan diri seperti menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan. 

Apabila Anda membiarkan anak melihat hal ini, maka saat anak sedang mengalami badai emosi, mereka melakukan hal yang sama untuk menenangkan diri. 

  • Cara Anda Meminta Maaf

Mengajarkan pada anak untuk meminta maaf setelah melakukan kesalahan memang penting. Cara yang mudah untuk mengajarkan hal tersebut adalah dengan membiarkan anak melihat Anda meminta maaf pada orang lain, termasuk meminta maaf pada anak. 

Misalnya, saat Anda tidak sengaja merusak boneka si kecil, segeralah minta maaf. Dengan demikian, saat si kecil melakukan kesalahan, ia akan meniru perilaku Anda ini. 

  • Mengakui Kesalahan

Jangan pernah takut untuk mengakui kesalahan yang diperbuat. Mengakui kesalahan meskipun kesalahan kecil termasuk perbuatan yang bijak dan berjiwa besar. 

Biarkan anak melihat Anda mengakui kesalahan yang sudah diperbuat. Cara ini sangat tepat dilakukan agar anak-anak mampu mengakui kesalahan yang diperbuatnya.

  • Berempati Pada Orang lain

Hal lain yang perlu anak-anak lihat dari orang tuanya adalah bagaimana orang tua berempati pada orang lain. Misalnya, ketika Anda mengajak anak berbelanja di swalayan dan melihat seorang nenek kesulitan membawa barang, bantulah nenek tersebut. Tentu saja masih banyak cara lain untuk menunjukkan empati pada anak, yang terpenting adalah tunjukkan hal ini pada anak-anak sesering mungkin. 

  • Berperilaku Baik dan Menolong Sesama

Berperilaku baik dan menolong sesama adalah hal lain yang perlu Anda tunjukkan pada anak-anak setiap hari. Perilaku ini bisa Anda tunjukkan pada anak-anak kapanpun dan dimanapun termasuk di rumah loh. 

Misalnya, saat Ayah terlalu lelah membersihkan motor, bantu Ayah dengan cara menyediakan air minum untuk menghilangkan dahaganya. 

contoh perilaku orangtua pada anak

  • Bekerja Keras

Setiap orang perlu bekerja keras dan setiap orang tua perlu mengajarkan pada anak tentang kerja keras. Cara yang paling mudah mengajarkan anak tentang kerja keras adalah membiarkan anak melihat Anda bekerja keras setiap harinya. Bangun kebiasaan baik setiap hari sebelum pergi ke kantor. Misal dengan bangun di pagi hari, membersihkan rumah, menyiapkan sarapan, dsb. 

  • Menjadi Manusia Biasa yang Tidak Sempurna

Tidak masalah menunjukkan bahwa Anda bukan manusia yang sempurna, karena anak-anak memang perlu mengetahui hal ini. Dengan begitu, anak-anak akan belajar bahwa ada batasan tertentu dalam hidup ini yang tidak bisa dipaksakan. 

Contoh, batasan bahwa setelah semua usaha yang dilakukan ternyata hasil yang diperoleh kurang memuaskan. 

Didiklah anak dimulai dari mendidik diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Dengan begitu anak-anak juga akan mengikuti semua perilaku Anda setiap harinya dan belajar dari perilaku yang dilihatnya tersebut. 

Baca juga:

  1. Tantangan 5 Hari Menuju Positive Parenting
  2. Menjadi Orang Tua Proaktif atau Reaktif, yang Mana Pilihan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *