× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Saat Anak Melihat Kedua Orangtua Bertengkar…

25 April 2021

Pertengkaran demi pertengkaran yang terjadi dalam sebuah hubungan pernikahan adalah hal yang wajar. Ya, wajar bagi kedua pasangan, tapi tidak bagi anak-anak. Jika Anda dan pasangan merasa sedih saat bertengkar, ketahuilah anak-anak menjadi orang yang paling sedih melihat kedua orang tuanya bertengkar.

Loh,memangnya anak-anak sudah mengerti? Anak-anak yang masih sangat kecil mungkin tidak mengerti apa yang sedang terjadi, namun mereka memahami emosi Anda dengan baik. E. Mark Cumming, psikolog Universitas Notre Dame telah mempelajari permasalahan ini selama 20 tahun. Menurutnya, anak-anak memperhatikan emosi kedua orang tua mereka dan berpikir “Amankah berada di sini?”

Cumming juga menambahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi berusia 6 bulan sudah memahami emosi orang tuanya melalui raut wajah. Bayi mengerti saat Anda sedang sedih dan perasaan emosi lainnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa, anak-anak yang kurang bisa menyesuaikan diri di sekolah (TK) adalah anak-anak yang tumbuh dengan konflik kedua orang tua. Anak-anak ini cenderung merasa tidak aman saat berada di sekolah. Perasaan ini pun berlangsung hingga anak memasuki SMP.

Contact Us School of Parenting