Banner Header Komunitas SOP

Saat Teman Menggangguku Di Sekolah, Aku Harus…

Browse By

“Ma, tadi Cindy gangguin aku pas main di sekolah…”

“Bunda, Nana tadi cubit-cubit aku pas lagi main lompat tali..”

“Bu, kenapa sih Kenzo terus aja ejek-ejek aku di sekolah..”

Pernahkah, mendengar anak merengek setelah pulang sekolah karena diganggu oleh teman? Misalnya dicubit-cubit saat sedang bermain, diejek-ejek, atau gangguan lainnya. 

Meskipun hal ini terasa wajar bagi orang dewasa, namun tidak demikian bagi anak-anak. Beberapa anak bahkan merasa sangat tertekan di sekolah karena terus diganggu dan dijahili oleh teman. Akibatnya, anak-anak tidak nyaman bermain bersama dengan teman-teman lain. 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anak-anak perlu dilatih untuk mengatasi rasa tertekannya karena diganggu oleh teman. Beberapa cara berikut ini, bisa Anda ajarkan pada anak saat ia diganggu oleh temannya di sekolah

Saat Teman Menggangguku di Sekolah, Aku Bisa…

👦 Melakukan Aktivitas atau Permainan Lain

Saat anak merasa diganggu oleh teman, maka anak bisa melakukan aktivitas atau permainan lain. Misalnya, jika teman mengganggu anak saat bermain bola, maka anak bisa bermain hal lainnya, supaya tidak diganggu oleh temannya lagi.

👦 Mengabaikannya

Hal lain yang bisa dilakukan oleh anak saat diganggu teman di sekolah adalah dengan mengabaikan teman. Mintalah anak untuk mengabaikan gangguan yang terus dilakukan oleh teman. Beberapa anak yang suka mengganggu akan berhenti saat gangguan yang ia berikan pada temannya tidak ditanggapi.

👦 Lakukan Kompromi dengan Teman

Saat anak diganggu oleh teman di sekolah, sebaiknya ajarkan pada anak untuk melakukan kompromi dengan teman yang mengganggunya tersebut. Minta anak untuk bertanya pada teman apa alasan ia terus diganggu. Lakukan kompromi bersama dengan teman agar ia tidak mengganggu anak lagi.

agar anak tidak diganggu teman

👦 Katakan Maaf

Beberapa anak diganggu teman karena mungkin anak melakukan kesalahan. Maka dari itu, ajarkan anak untuk segera minta maaf pada teman, agar tidak diganggu lagi.

👦 Bilang pada Teman untuk Berhenti Mengganggu

Hal lain yang bisa Anda ajarkan pada anak saat ia diganggu teman adalah meminta teman untuk berhenti mengganggunya. Ajarkan pada anak untuk mengatakan “Stop!”, “Berhenti”, atau “Jangan” sejak dini, agar ia bisa menggunakannya untuk menghadapi situasi seperti ini. 

👦 Pergi dari Situasi Tersebut

Mintalah anak untuk pergi dari situasi yang mengganggu saat ia berada di sekolah. Misalnya, saat ia dicubit oleh teman, maka minta anak untuk pergi menjauh dari temannya tersebut. 

👦 Berbagi dan Tunggu Giliran Bermain

Namanya anak-anak pasti sering bersitegang karena urusan bermain. Nah, jika anak terus saja diganggu oleh teman, bisa jadi karena mereka berebut mainan yang sama. Untuk menghadapi situasi ini, ajarkan anak berbagi sejak dini. 

👦 Minta Guru untuk Membantu

Apabila semua hal di atas sudah dilakukan oleh anak namun, teman anak terus saja mengganggunya, maka jangan segan meminta bantuan guru yang ada di sekolah. Beberapa anak memang terkesan cukup bandel sehingga perlu penanganan khusus dari guru sekolah. 

Sekolah seharusnya sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman. Namun, jika sekolah justru menjadi salah satu tempat yang membuat anak tertekan, maka pasti ada alasan di baliknya. Salah satu alasannya mungkin karena anak sering diganggu teman sekelasnya. 

Nah, beberapa hal di atas bisa Anda ajarkan pada anak saat ia merasa diganggu oleh teman di sekolahnya. Jangan lupa, terus pantau dan perhatikan perkembangan anak, jangan sampai anak menjadi korban perundungan (bullying),ya.

Baca juga:

  1. 7 Masalah Paling Umum yang Dihadapi Anak di Sekolah
  2. Hal-Hal yang Dicemaskan Si Kecil saat Masuk SD!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *