Yuk, Cek Seberapa Besar Tingkat Konsentrasi Anda di Bulan Puasa

Browse By

Menjalankan Ibadah puasa terkadang membuat seseorang merasa lemah karena selama sekitar 12 jam tidak mengkonsumsi apapun. Nah, tidak hanya rasa lemah loh, menjalankan ibadah puasa juga membuat konsentrasi seseorang menurun.

Sebenarnya, kurangnya konsentrasi dan fokus saat sedang berpuasa adalah hal yang wajar. Menurut dr. Phaidon, dilansir dari detikHealth, terdapat beberapa penyebab seseorang tidak bisa berkonsentrasi secara baik. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Penurunan gula darah karena puasa
  • Banyak mengkonsumsi gorengan saat makan sahur
  • Kurang minum

Nah, untuk mengetahui seberapa besar konsentrasi Anda saat berpuasa, yuk lihat beberapa gambar berikut ini. Kira-kira yang mana yang benar-benar makanan ya?

Menurut Anda ini makanan bukan sih?

kuis hitung konsentrasi saat puasa
Correct! Wrong!

memang sih bentuknya seperti sawi, tapi jangan salah ini bukan sawi, melainkan payung.

Kok kayak biskuit ya? Kira-kira gambar ini biskuit bukan?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

siapa sangka gambar ini terlihat seperti biskuit. Padahal gambar tersebut adalah kayu yang sering digunakan di dalam industri furniture. Fungsinya untuk memperkuat sambungan antar kayu.

Gambar ini, dijamin membuat Anda lapar. Bentuknya sih seperti sosis. Hayo, kira-kira ini gambar sosis bukan ya?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

Jangan salah sangka loh, meskipun gambar ini memang termasuk makanan, tapi bukan sosis. Melainkan ubi kecil-kecil berwarna ungu

Kalau yang satu ini pasti Anda bisa menjawab dengan benar dong. Coba deh konsentrasi penuh. Kira-kira gambar ini makanan bukan?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

Gambar amplas ini sepintas memang mirip daging di atas piring loh.

Masih bisa konsentrasi kan?? Kalau gambar yang ini beneran telur gak sih?

kuis menguji konsentrasi
Correct! Wrong!

Ya, gambar di atas memang telur loh, bukan batu.

Sepertinya es krim bisa jadi pilihan menu berbuka yang ditunggu-tunggu oleh anak. Nah, kira-kira gambar ini es krim bukan?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

teksturnya dan tempatnya sih mirip es krim, tapi jangan salah loh karena gambar di atas adalah resin

Gambar di bawah ini bikin sedikit merinding nih. Bentuknya sih seperti ulat. Menurut Anda ini ulat?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

Gambar di atas memang terlihat seperti ulat, tapi sebenarnya bukan loh. Gambar di atas adalah kue kering yang dibentuk menyerupai ulat.

Buah mangga mungkin enak kalau dimasukkan dalam es buah saat buka puasa nanti nih. Tapi kira-kira gambar ini buah mangga bukan?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

sekilas memang sih mirip mangga. Tapi ternyata hanya sebuah spons.

Gimana, masih kuat kan? Yuk, kumpulkan konsentrasi penuh dan tebak, apakah gambar ini termasuk makanan?

kuis mengukur konsentrasi
Correct! Wrong!

Puasa memang membuat konsentrasi seseorang berkurang. Buktinya gambar mie warna-warni di atas mungkin Anda pikir adalah kabel.

Gambar terakhir ini pasti Anda bisa menebaknya dengan tepat. Apakah gambar ini termasuk makanan?

Correct! Wrong!

gambar di atas sekilas memang mirip kentang, padahal hanya sebuah batu loh.

Seberapa Besar Konsentrasi Anda Saat Puasa?
Level Konsentrasi 100%

Selamat!! Meskipun berpuasa, Anda masih bisa berkonsentrasi dengan sangat baik.
Waspada!! Level konsentrasi berkurang

Duh... Baru jam berapa sih? Kok udah gak konsen gini??
Anda dinyatakan kehilangan konsentrasi...

Udah deh, sebaiknya perbanyak minum air putih saat berbuka nanti, supaya tetap berkonsentrasi saat puasa besok.

Share your Results:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *