Akrab Dengan Anak Tiri? Ikuti Tips Penting Berikut!

Browse By

Menjadi Ibu sambung alias Ibu tiri memang tidak mudah ya. Tak jarang nih Anda harus menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi keluarga suami. Padahal nilai-nilai keluarga suami sangat berbeda, sehingga akan sulit sekali menyesuaikannya. Ditambah lagi, masalah mendekatkan diri dengan anak. Dijamin deh sebagai Ibu tiri banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Jika masih gelisah memikirkan bagaimana mendekatkan diri dengan anak tiri, yuk pelajari dulu tipsnya berikut ini!

Tips Mendekatkan Diri dengan Anak Tiri:

  • Kesan Pertama Menentukan

Langkah pertama mendekatkan diri dengan anak tiri adalah dengan membuat kesan pertama yang baik. Kesan pertama memang akan selalu diingat oleh anak-anak.

Untuk itu, sebaiknya buatlah pertemuan awal yang singkat dengan anak tiri. Langkah ini ditempuh untuk menghilangkan kesan “tertekan” pada anak karena akan memiliki “Ibu tiri”. Sebaiknya hindari pemberian hadiah di awal pertemuan, karena akan memberi kesan Anda “menyogok” pada anak dengan hadiah tersebut.

Gunakan kesempatan berharga Anda di awal pertemuan ini dengan sebaik mungkin. Anda bisa memulai percakapan dengan bertanya, “Siapa namanya?”, “Sudah sekolah belum?”, atau pertanyaan lain yang terkesan tidak “menekan”.

  • Beri Anak Waktu untuk Bersedih

Memiliki Ibu tiri atau orang tua tiri memang tidak mudah. Banyak hal yang berkecamuk di hati dan pikiran anak tiri. Mungkin anak bertanya bagaimana sikap Ibu tiri padanya. Anak juga mungkin sedang bersedih karena memikirkan kehilangan Ibu kandungnya.

Untuk itu, berilah ruang bersedih bagi anak. Hindari memaksa anak melakukan aktivitas yang tidak ia sukai. Sekalipun aktivitas tersebut menyenangkan dan dimaksudkan untuk menghibur hati si anak. Pada awal kebersamaan Anda dengan anak tiri, sebaiknya jangan terlalu memaksa anak melakukan ini dan itu, karena kemungkinan besar Anda akan ditolak.

Sebaiknya gunakan kesempatan di awal kebersamaan ini untuk lebih mengenal karakter anak. Jangan lupa juga selalu berhati-hati dalam bertindak dan berbicara pada anak. Hal ini penting karena Anda berada dalam posisi yang memang harus cukup mengalah pada anak.

Tak hanya itu, jika Ibu kandung anak memang sudah meninggal, maka bantu anak tiri mengingat Ibu kandungnya,bisa dengan berziarah ke makam atau hal lainnya yang sesuai dengan tradisi keluarga. Cara ini justru bisa membuat anak tiri anda tersentuh dan akhirnya semakin lama akan dekat dengan Anda.

  • Anggap Anak Tiri sebagai Anak Kandung

Tips penting lainnya untuk mendekatkan diri dengan anak tiri adalah dengan cara menganggap anak tiri sebagai anak kandung. Hal ini penting bagi Anda karena mulai sekarang Anda akan menjadi Ibunya. Meskipun status Anda sebagai Ibu tiri, namun sebagai seorang Ibu harus tetap berusaha keras merawat semua anak layaknya anak kandung. Hindari membeda-bedakan status anak tiri dengan anak kandung Anda. perlakukan keduanya dengan sama dan adil.

Anda juga bisa memberi anak tiri pekerjaan rumah, sama seperti anak kandung Anda. Misalnya, jika Anda sudah memberi anak kandung pekerjaan untuk menyapu, maka Anda bisa meminta anak tiri untuk mengepel. Jangan lupa, sebaiknya Anda juga ikut membantu pekerjaan rumah tersebut. Cara ini akan membuat Anda semakin dekat dengan anak tiri.

  • Ajak Jalan-Jalan

Hal yang hampir selalu dilakukan Ibu tiri pada anaknya untuk mendekatkan diri adalah dengan mengajaknya pergi jalan-jalan. Cara ini memang baik untuk membangun kedekatan Anda. untuk itu, pastikan bahwa tempat yang akan Anda kunjungi bersama anak merupakan tempat yang disukai olehnya. Anda bisa meminta informasi tentang tempat-tempat kesukaan anak melalui orang tua kandungnya, atau melalui anggota keluarga kandungnya. Misalnya meminta informasi pada tante, om atau mertua Anda.

  • Dukung Hobinya

Trik jitu lainnya untuk mendekatkan diri pada anak tiri adalah dengan mendukung hobinya. Misalnya jika anak sedang hobi melukis atau menggambar, maka dukung hobi anak dengan cara menemaninya saat melukis, atau menyediakan kebutuhan untuk melukis, seperti cat, kanvas dan lain sebagainya.

Nah, Anda juga bisa loh datang ke pameran lukisannya di sekolah atau di tempat lain. Usahakan untuk memahami lukisan anak. Anda bisa memberi komentar yang membangun pada lukisan anak tersebut. Tapi ingat jangan sampai menyinggung perasaan anak. Itulah pentingnya memahami karakter dari anak tiri Anda. sehingga Anda tahu mana yang disukai anak dan mana yang kurang disukai anak.

  • Bentuk Kejujuran dan Kepercayaan

Setelah Anda dan anak tiri sedikit lebih dekat, maka saatnya membentuk kejujuran dan kepercayaan dalam hubungan Anda dengannya. Caranya adalah dengan selalu menepati janji jika Anda berjanji padanya serta lakukan segala sesuatu dengan hati yang tulus ketulusan Anda tentu akan dirasakan oleh anak.

  • Minta Bantuan Pasangan

Sebagai pasangan suami istri, penting bagi Anda dan pasangan menjalin kerjasama dalam menyelesaikan suatu masalah, khususnya jika Anda ingin mendekatkan diri dengan anak tiri. Hal ini juga disampaikan oleh psikoterapis Sandra Pribanic, dilansir dari kompas.com. Menurutnya, kunci kesuksesan menjalin hubungan erat di dalam keluarga adalah dengan saling bekerja sama antar pasangan suami istri.

Anda dan pasangan bisa saling membantu dalam menerapkan kedisiplinan bagi anak, meskipun anak tersebut adalah anak tiri. Jangan lupa untuk selalu berdiskusi sebelum memberikan teguran pada anak tiri.

  • Jangan Mudah Tersinggung

Memiliki orangtua baru seperti Ibu tiri tentu menjadi pengalaman yang membingungkan bagi anak-anak. Anak-anak tentu merasa canggung, sedih, bahkan marah karena kehadiran Anda dalam keluarganya. Nah, jika luapan emosi anak dilampiaskan melalui kata-kata kasar pada Anda, maka cobalah untuk memahami situasinya. Sebaiknya jangan mudah tersinggung dengan kata-kata kasar yang mungkin bisa diucapkan oleh anak.

Menurut Pribanic, alih-alih tersinggung, sebaiknya mulai diskusikan fungsi dan posisi Anda dalam keluarga bersama dengan pasangan dan orang tua kandung anak. Hal ini akan membantu anak untuk tidak terjebak di tengah hubungan antara orangtua kandung dan orangtua tirinya.  

Menjadi Ibu tiri memang tidak mudah. Butuh waktu yang lama agar Anda dan anak tiri bisa saling mengenal dan menjalin hubungan dekat. Untuk itu, pahami trik jitu agar bisa dekat dengan anak tiri. Beberapa poin di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi mendekatkan diri dengan anak tiri. Tetap semangat dalam menjalani kehidupan baru Anda saat ini. Jangan lupa selalu berusaha menjadi Ibu tiri yang baik.

Baca juga:

  1. Catatan Jadi Ibu Tiri yang Baik
  2. Memutuskan Menikah Lagi, Bagaimana Menjelaskannya Pada Anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *