Banner Header Promo Oktober

Cara Tepat Tingkatkan Imun Tubuh Melalui Makanan

Browse By

Di masa pandemi saat ini, sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh guna mencegah virus COVID-19 menginfeksi tubuh kita dan anak-anak. Cara yang seringkali digunakan untuk meningkatkan imun tubuh misalnya dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. 

Lalu, bagaimana cara yang tepat meningkatkan imun tubuh melalui makanan? Perlukah kita selalu mendorong anak mengkonsumsi sayuran hijau?

Awali dengan Bahan Makanan yang Segar

Cara tepat pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh melalui makanan adalah dengan mengkonsumsi makanan segar. Artinya, sangat penting untuk meminimalisir rangkaian proses makanan sebelum dikonsumsi. 

Misalnya saja perbanyak mengkonsumsi sayuran segar melalui salad. Jangan lupa untuk mengkonsumsi daging, ikan, telur, biji-bijian atau kacang-kacangan selama anak dan anggota keluarga lain tidak memiliki alergi terhadap bahan makanan tersebut. Tak hanya itu, dorong anak untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada mengkonsumsi jus buah. Meskipun jus buah kaya akan serat, namun campuran gula saat membuat jus bisa menekan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan dan dysbiosis (ketidakseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan).

Jaga Kesehatan Usus

Menjaga mikrobiota (bakteri) usus tetap seimbang adalah cara yang tepat dalam meningkatkan imun tubuh. Pada anak-anak dan orang dewasa, saat bakteri usus tidak seimbang, maka kemampuan tubuh melawan infeksi (seperti pilek dan flu) juga akan menurun. 

Untuk menjaga kesehatan usus, mengkonsumsi yogurt adalah cara yang tepat dilakukan. Lebih baik pilihlah yogurt dengan rasa plain (polos) dengan kandungan gula sedikit daripada yogurt rasa buah dengan kandungan gula yang cukup pekat. Apabila anak tidak terlalu menyukai rasa asamnya, maka tambahkan saja buah saat mengkonsumsinya. 

Konsumsi Beberapa Bahan Makanan Berikut untuk Tingkatkan Imun Tubuh

1. Bawang Putih

Siapa sangka bawang putih sangat baik dalam meningkatkan imun tubuh. Bawang putih mengandung sifat anti-virus dan anti bakteri sehingga merangsang sel-sel kekebalan dan meningkatkan produksi antibodi. Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung senyawa sulfur yang memiliki antioksidan kuat.

makanan peningkat imun tubuh

Tips Mengkonsumsi:

Tambahkan bawang putih di makanan anak. Misalnya, dalam pasta atau dalam spageti yang dikonsumsi anak. Tambahkan bawang putih juga dalam berbagai olahan sayur yang dikonsumsi anak.

2. Buah Beri

Buah beri adalah salah satu sumber antioksidan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah beri juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips Mengkonsumsi

Tambahkan buah beri dalam oatmeal atau sereal anak di pagi hari. Parents juga bisa menambahkan buah beri dalam yogurt yang dikonsumsi anak.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat kaya akan nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu nutrisi yang selalu ada adalah zat besi yang penting dalam memproduksi sel darah putih dan antibodi.

Tips Mengkonsumsi

Tambahkan sayuran hijau dalam menu makanan anak setiap hari. Parents juga bisa membuat menu makanan dengan menyembunyikan sayuran hijau di dalam makanan. Misalnya saja dengan membuat bola-bola bayam keju.

Baca juga:

  1. Masak Kilat: Cegah Lemak Bersarang Setelah Lebaran dengan Detox Mudah 
  2. Detoks Tubuh Saat Mandi? Efektif Bantu Anak Pulih dari Flu

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : dr. Ade Irma Rosiani. MKM

Meningkatkan Imunitas: Tidak Sekedar Minum Vitamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *