Banner Header Tanya Ahli SOP

Kuis : Apakah Aku Terjebak Generasi Sandwich?

Browse By

Terjebak menjadi Generasi Sandwich memang cukup rumit karena kita harus berjuang menyokong kebutuhan hidup diri sendiri (termasuk anak-anak dan pasangan) serta kebutuhan orang tua sendiri hingga adik-adik yang masih bersekolah. 

Sayangnya, beberapa orang mungkin tidak sadar bahwa dia sedang terjebak menjadi Generasi Sandwich. Mereka merasa bahwa membantu keluarga sendiri khususnya orang tua dan adik-adik adalah hal yang mulia dan merupakan suatu kewajiban. Akibatnya, hampir setiap saat pengeluaran yang dilakukan semata-mata demi kedua orang tua dan adik-adik. 

Padahal, kebutuhan keluarga sendiri seperti untuk konsumsi, transportasi, biaya sekolah, asuransi kesehatan hingga biaya untuk perawatan rumah juga perlu dipikirkan bukan? 

Nah, apakah Parents terjebak menjadi generasi sandwich tanpa sadar? Yuk cek dengan menjawab kuis berikut ini:

Apakah Anda terus membiayai adik-adik yang masih sekolah/kuliah namun juga membayar biaya sekolah anak Anda?

Apakah sebagian besar dari pengeluaran bulanan Anda digunakan untuk membantu kehidupan kedua orang tua, sedangkan sebagian lainnya untuk kehidupan anak-anak dan pasangan?

Apakah kedua orang tua masih sangat mengandalkan Anda untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, sementara Anda juga berjuang mencukupi kebutuhan hidup sendiri?

Apakah saudara kandung Anda kerap menghubungi Anda saat membutuhkan biaya sekolah, sedangkan Anda juga harus membayar sekolah anak sendiri?

Apakah Anda WAJIB memberikan uang saku untuk orang tua dan saudara kandung anda?

Apakah Aku Terjebak Generasi Sandwich?
Saat ini Anda sedang Terjebak Generasi Sandwich

terjebak generasi sandwich

Sulit memang menjadi Generasi Sandwich. Mari, atur keuangan pribadi dan prioritaskan pengeluaran Anda dari yang paling mendesak, hingga pengeluaran yang bisa ditunda!
Keuangan Aman Terkendali! Anda tidak sedang terjebak menjadi Generasi Sandwich!

Keuangan Anda masih terkendali. Tapi jangan terlena, tetap atur antara pendapatan dan pengeluaran!

Share your Results:

Just tell us who you are to view your results!

Nah, dari beberapa pertanyaan di atas, apakah Anda termasuk Generasi Sandwich? Jika benar demikian, mari lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Misalnya saja, dengan memberikan bantuan finansial pada orang tua atau adik-adik pada situasi tertentu saja, atau dengan membantu orang tua dan saudara kandung Anda untuk mendapatkan pemasukan mandiri sehingga keuangan mereka bisa lebih stabil. 

Tentunya masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk keluar dari siklus Generasi Sandwich ini. Berkonsultasi dengan ahli keuangan atau financial planner juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi situasi pelik ini. 

Baca juga:

  1. Kuis : Asah Pengetahuan Parenting Yuk!
  2. Kuis : Anak Sudah Kecanduan Gadget? Cek Di Sini Yuk!
  3. Terjebak Menjadi “Generasi Sandwich”

Rekomendasi Kelas Online Bersama : Harryka Joddy P.,S.Psi.,CFP

Tips Mengelola Keuangan Bagi Sandwich Generation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *