Banner Header Promo Oktober

Parents, Ini Cara Jitu Bantu Suami Berhenti Merokok

Browse By

Suami Anda punya keinginan berhenti merokok? Jelas ini kabar bagus untuk Anda dan keluarga. Karena suami yang aktif merokok tidak hanya membahayakan kesehatan diri pribadinya, tetapi juga kesehatan satu keluarga. Keinginannya untuk berhenti merokok harus Anda dukung dengan sepenuh hati.

Sebagai salah satu orang yang selalu mendampingi suami, ada lima hal jitu yang bisa Parents lakukan untuk membantu suami berhenti merokok. Apa saja itu?

  • Mengingatkan Suami Tanpa Harus “Menceramahi”

Jangan pernah “menceramahi” suami untuk berhenti merokok. Di dunia ini tidak ada orang yang suka diceramahi, termasuk suami Anda. Anda bisa mengingatkan suami Anda tanpa harus menceramahinya. Misalnya, Anda memberikan apresiasi kepada suami. Nyatakan perasaan senang Anda karena suami mulai mengurangi porsi merokoknya. Pujian-pujian seperti itu bisa membuat suami termotivasi untuk berhenti merokok.

  • Ingatkan Suami untuk Memprioritaskan Hal yang Lebih Penting

Tak hanya masalah finansial, ada hal yang jauh lebih penting yang harus didahulukan daripada merokok. Anda dan keluarga tentu membutuhkan lingkungan hidup yang sehat. Asap rokok jelas bukanlah hal yang sehat untuk keluarga. Meskipun suami Anda merokok di luar, efek negatifnya tetap dibawa hingga ke rumah.Di sisi finansial, uang yang digunakan untuk membeli rokok jelas bisa dialokasikan untuk kebutuhan keluarga lainnya. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat anggaran bulanan keluarga.

  • Mengalihkan Perhatian Suami ketika keinginan untuk merokok muncul

Bagi suami Anda yang masih berusaha untuk berhenti merokok, ada kalanya muncul keinginan untuk merokok. Pada saat hal ini terjadi, tugas Anda adalah mengalihkan perhatiannya. Alihkan keinginan merokok dengan menonton film, memberikan permen, menghisap inhaler, atau mengajaknya berolahraga.

  • Ajak ke Tempat yang Tidak Memungkinkan untuk Merokok

Tak semua tempat memperbolehkan aktivitas merokok. Di ruangan ber-AC atau tempat-tempat umum lainnya, seseorang tidak diperbolehkan merokok. Nah, untuk membantu mengalihkan keinginan merokok sang suami, ajaklah ia ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan untuk merokok. Nonton film atau pergi ke restoran bisa jadi pilihan.

  • Meredakan gejala kecanduan

Ketika seseorang berhenti melakukan hal-hal yang selama ini dilakukannya dan membuatnya kecanduan, gejala yang akan muncul adalah sering cemas, emosional, kehilangan selera makan, stress, dan lain sebagainya. Saat suami menunjukkan gejala-gejala tersebut saat berhenti merokok, Anda tidak perlu cemas. Temukan cara yang tepat untuk meredakan gejala kecanduan tersebut. Sering-seringlah ajak suami berolahraga atau berlibur untuk mengurangi efek dari gejala tersebut.

 

Memutuskan untuk berhenti merokok bukanlah suatu hal yang gampang. Apalagi jika kebiasaan ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Untuk itu, selalu apresiasi suami Anda karena sudah berniat untuk berhenti merokok. Hargai setiap usaha yang sudah ia lakukan demi keluarga.

Baca juga :

  1. Indonesia Darurat Perokok Usia Dini
  2. Bicara Sejak Dini dengan Anak Tentang Bahaya Rokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *