Banner Header Komunitas SOP

Karena Hobi Suami Memang Perlu Dimengerti

Browse By

Menikah memang membawa banyak sekali perubahan bahkan seringkali mengejutkan Anda. Dibilang mengejutkan karena banyak hal baru yang Anda alami.

Misal, mertua yang mengharuskan Anda menggunakan bahasa daerah saat berbicara dengan anggota keluarga lain, padahal selama lebih dari 20 tahun Anda selalu berbicara menggunakan bahasa Indonesia saat di rumah bersama dengan orangtua. Atau kebiasaan suami yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Contoh yang paling umum terjadi adalah kebiasaan suami mendengkur yang baru saja Anda ketahui setelah menikah. Belum lagi hobi suami yang boleh dibilang sangat berlawanan dengan Anda.

Bisa saja suami ternyata hobi sekali berolahraga, padahal Anda sama sekali tidak menyukai olahraga. Atau hobi suami suka sekali membuat berantakan rumah, padahal Anda adalah masternya bersih-bersih. Duh, bisa jadi terus-terusan bertengkar nih!

Namun, apapun hobi suami tak perlu dibenci, sebaiknya dimengerti karena hobi inilah yang akan menemani perjalanan pernikahan Anda.

Jadi, sudah seharusnya sebagai istri perlu memahami hobi yang dimiliki oleh suami. Nah, kira-kira hobi apa saja nih yang sudah melekat dalam diri suami dan seharusnya dimengerti oleh istri?

Hobi Suami yang Harus dimengerti Oleh Istri:

🕺 Hobi Nge-Game

Hobi main game biasanya dimiliki oleh kebanyakan laki-laki. Jadi tidak heran jika suami Anda juga memiliki hobi nge-game. Anda juga sebaiknya tidak terlalu kaget karena hobi yang satu ini biasanya sudah nampak sejak awal berpacaran dulu.

Hal yang kadang membuat Anda sedikit geram adalah jika hobi ini bahkan bertambah frekuensinya setelah Anda menikah dan sudah memiliki anak. Suami mungkin saja menularkan hobinya yang satu ini kepada anak.

Nah, selama hobi suami yang satu ini tidak mengganggu kewajibannya untuk mencari nafkah atau mengganggu quality time bersama dengan Anda atau anak-anak, maka tak menjadi soal.

Jika yang terjadi sebaliknya, Anda perlu berdiskusi dengan suami untuk membatasi hobinya yang satu ini. Khususnya membatasi waktu bermain game dalam seminggu. Dengan begitu antara Anda dan suami tidak perlu terjadi pertengkaran hanya masalah hobinya.

🕺 Hobi Otak-Atik Mesin

Beberapa suami mungkin saja memiliki hobi yang bisa dibilang cukup menguntungkan, yaitu hobi otak atik mesin. Segala jenis mesin dan peralatan elektronik di rumah bahkan bisa diperbaikinya.

Hobi yang satu ini kadang membuat Anda tidak habis pikir, tapi jangan meremehkan hobinya yang satu ini, karena bisa banyak membantu Anda loh. Nah, hobi yang satu ini perlu diapresiasi dan sebaiknya tidak perlu merasa jengkel.

🕺 Hobi Membuat Rumah Berantakan

Nah, ini sebenarnya tidak bisa dibilang “hobi”, tetapi lebih merupakan kebiasaan dari suami yang sepertinya sudah melekat pada dirinya sejak masih bujangan, jadi akan sulit sekali berubah.

Untuk mengatasi hobi yang cukup menjengkelkan ini, sebaiknya diskusikan dengan suami sebaik mungkin. Cari jalan terbaik agar suami tidak mudah membuat rumah berantakan. Tujuannya agar tercipta kenyamanan antara kedua belah pihak.

Anda juga bisa mengajarkan kebiasaan baru pada suami, yaitu kebiasaan bersih-bersih. Katakan pada suami bahwa ia cukup bertanggung jawab dengan barang-barang pribadinya sendiri. Misalnya, katakan pada suami untuk menaruh semua barang pribadinya pada tempatnya. Seperti menaruh sepatu pada tempatnya, menggantungkan baju pada tempatnya, dan lain sebagainya.

🕺 Hobi Mengoleksi Action Figure atau Merchandise

Berbicara tentang action figure atau merchandise, pasti ada nih di antara para suami yang hobi mengoleksi benda-benda ini. Entah berupa action figure karakter anime, atau barang-barang seperti kaos grup band official, CD musik, dll.

Nah, hobi yang satu ini memang termasuk hobi yang “mahal”, sehingga seharusnya Anda dan suami mulai berdiskusi tentang hobinya mengoleksi barang-barang tersebut.

Anda dan suami tentu bisa mengatur budget tersendiri untuk barang yang dikoleksi oleh suami. Jangan sampai budget tersebut mengganggu budget untuk keperluan rumah tangga bahkan keperluan pendidikan anak. Sebaiknya buat juga kesepakatan untuk membatasi pembelian barang koleksi, jika dirasa pendapatan bulanan tidak memadai.

Jangan lupa untuk selalu memahami hobi suami yang satu ini, karena siapa tahu, suatu hari nanti,  bisa menjadi peluang bisnis.

🕺 Hobi Olahraga

Banyak juga suami yang hobi olahraga, misalnya sepak bola. Hobi suami yang satu ini sebenarnya cukup baik karena menyehatkan. Namun, yang cukup membuat Anda geram, mungkin hobinya yang menonton pertandingan olahraga, seperti pertandingan sepak bola. Suami hingga rela begadang demi menonton tim kesayangannya berlaga.

Meskipun, merasa jengkel sebaiknya, berusahalah memahami hobi suami ini. Refleksikan saja dengan hobi Anda yang mungkin senang sekali menonton drama Korea atau film-film yang lain. Pasti Anda juga rela melakukan hobi Anda dengan sepenuh hati,kan?

Bagaimana Cara Memahami Hobi Suami?

  • Toleransi

Pernikahan adalah proses penyesuaian diri yang dilakukan terus menerus satu sama lain. Salah satu bentuk penyesuaian yang seharusnya dilakukan oleh tiap pasangan adalah toleransi terhadap hobi pasangan.

Langkah memahami hobi suami

  • Berikan kebebasan

Kebebasan memang seringkali didambakan oleh suami semenjak mereka menikah. Nah, Anda bisa mewujudkannya dengan cara memberi kebebasan untuk melakukan hobinya bahkan setelah menikah. Asalkan hobi yang dilakukannya tidak mengganggu pekerjaan atau hal penting lainnya di dalam hubungan pernikahan.

  • Lakukan komunikasi dengan baik

Sebaiknya selalu lakukan komunikasi yang baik dengan suami. Jangan berusaha menyimpan segala sesuatunya sendiri karena sekarang ini Anda sudah hidup berdua dengannya. Sebaiknya tetap minta suami untuk memperhatikan Anda dan keluarga sembari tetap melakukan hobinya.

  • Berikan dukungan

Selama hobi suami tidak mengganggu urusan rumah tangga, maka sebaiknya dukunglah hobi suami tersebut. Cukup selalu ingatkan untuk tidak melupakan kewajibannya sebagai suami sekaligus Ayah bagi anak-anak.

  • Bergabung

Siapa sangka Anda bahkan bisa bergabung mendalami hobi suami yang cukup cocok dengan hobi Anda. Apalagi jika hobi suami ternyata menambah keterampilan bagi Anda. misalnya hobi suami yang suka sekali memasak, maka Anda juga bisa belajar dari suami Anda.

Nah, sebaiknya tak perlu bertengkar dengan suami hanya karena hobinya, karena toh Anda juga memiliki hobi yang kemungkinan juga berlawanan dengan suami.

Hal yang paling penting adalah menjadikan hobi suami dan hobi Anda sebagai perbedaan yang manis. Cobalah untuk mengerti hobi dan obsesi suami dan sebaiknya jangan berusaha untuk melarangnya terlalu keras.

Baca juga:

  1. 10 Tanda Suami Masih Tergila-Gila Pada Anda
  2. Aturan Ponsel Ini, Cocok untuk Suami-Istri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *