Banner Header

Usia Ideal Anak untuk Masuk TK

Browse By

Halo Ibu Wahyu,

Tentang berapa usia anak untuk masuk Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) . Usia anak masuk KB dan TK sesuai peraturan pemerintah adalah 2-4 tahun (KB) dan 4-6 tahun (TK). Tetapi yang lebih penting adalah kesiapan anak untuk masuk sekolah, dan ini bisa berbeda-beda pada tiap anak. Sebelum masuk, anak memang sebaiknya dipastikan dulu apakah secara perkembangan emosi dan sosial ia sudah siap, dan perkembangan bahasanya suda cukup baik.

usia ideal anak masuk TK

Nah, menyikapi cerita Ibu tentang ananda yang berusia 3 tahun , mengikuti trial class dan belum mau ditinggal, sementara ibu harus bekerja ada beberapa hal yang bisa diperhatikan lebih lanjut.

Sebenarnya usia 3 tahun memang sudah bisa untuk masuk sekolah di tingkat KB. Namun dari sisi perkembangan sosial emosional, anak usia 3 tahun tingkat kelekatan (attachment) dengan pengasuh utamanya (Ibu, Nenek, baby-sitter) masih tinggi. Nah, ketika ia masuk ke sebuah lingkungan baru, maka ia harus punya sosok yang bisa membuat kelekatannya terhadap pengasuh utama “beralih”, sosok itu adalah yang dapat membuat anak merasa nyaman dan aman. Jika di sekolah sosok ini adalah guru atau teman.

Tetapi, bagi anak usia 3 tahun, ia akan sulit membangun kelekatan dengan teman sebaya karena secara perkembangan emosi, sosial, dan bahasa, teman-temannya belum ‘mumpuni’ untuk membuat anak merasa aman dan nyaman. Terlebih lagi, tahapan bermain anak di usia ini umumnya belum masuk ke tahap “social play” (bermain bersama teman), tetapi masih di tahap “parallel play” (bermain sendiri-sendiri sekalipun di tempat yang sama). Jadi kelekatan dengan teman uuumumnya belum terbangun. Oleh karena itu, sosok yang bisa membangun kelekatan dengan anak di sekolah harusnya adalah guru. Jika anak menolak masuk sekolah dengan alasan tidak menyukai gurunya, maka ada 2 saran yang bisa saya berikan.

  1. Bisa jadi gurunya memang ternyata kurang ramah atau keras terhadap anak, jika seperti ini anak akan susah membangun kelekatan. Maka lebih baik pindah kelas atau pindah sekolah.
  2. Bila ternyata orangtua sudah mengobservasi dan gurunya ramah serta perhatian terhadap anak, maka sebenarnya ini hanya masalah waktu. Nah, untuk mempercepat proses kelekatan anak dengan guru, cara yang bisa dilakukan adalah mengajak anak bermain bersama gurunya, dengan catatan harus ditemani pengasuh utamanya (Ibu). Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain membacakan anak buku cerita bergambar atau bermain balok bersama. Dari sini pelan-pelan anak akan sadar kalau “Oh, Ibu guru adalah teman Ibuku, jadi aman.” Nanti perlahan akan ada estafet kelekatan yang diberikan dari sosok ibu ke sosok guru di sekolah.

Demikian saran dari saya, semoga ananda mau kembali masuk ke sekolah. Semangat ya, Mom!

Baca Juga:
  1. Tahapan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini
  2. Mengenalkan Konsep Gender pada Anak Usia Dini
  3. Pondasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

5 thoughts on “Usia Ideal Anak untuk Masuk TK”

  1. Cicilia says:

    Anak saya mei 2019 genap umur 4 tahun, sebaiknya masuk kb atau tk A, ini anak sy sudah semangat untuk sekolah, pernah ikut trial class hanya 3 hari ditunggui seterusnya minta sekolah sendiri, bagaimana ini mohon saranya. Trimakasih

    1. School of Parenting says:

      Hallo Parents,
      Silakan ajukan pertanyaan Anda ini di sini
      untuk mendapatkan jawaban lebih cepat dari para ahli School of Parenting.
      Terima kasih

  2. Triyana says:

    Anak saya bulan juli 2019 umurnya 5.5 th, dia sudah pandai membaca.Menulis angka 1 sampai 7.Menghafal angka 1 sampai 100.Bernyanyi.Cepat interaktif thdap teman barunya.Sebaiknya masuk tk a atau tk b ya bunda?

  3. Ni Kadek Wiliasih says:

    anak saya lahir bulan april tgl 4 2015 seharusnya umur berapa anak sya tk??

    1. School of Parenting says:

      Masalah kapan anak seharusnya masuk TK bukan hanya ditentukan menurut usia.
      Namun, lebih ditentukan pada kesiapan anak masuk sekolah (TK).
      Sebaiknya dipastikan terlebih dulu apakah perkembangan emosi dan sosial anak sudah siap. Begitu pula dengan kemampuan bahasa anak.
      Artikel ini bisa digunakan sebagai referensi terkait lainnya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *