Banner Header Komunitas SOP

Bimbing Anak Pilih Kegiatan Ekstra Kurikuler

Browse By

Kecerdasan anak tidak semata-mata hanya dinilai dari kegiatan akademis ya, Parents. Di sekolah, anak juga dianjurkan untuk menekuni bidang kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Kegiatan ekskul ini punya banyak manfaat untuk anak, di antaranya adalah mengembangkan minat dan bakat anak, melatih anak untuk aktif bersosialisasi, memperluas pengetahuan, serta meningkatkan kepercayaan diri si anak. Karena menjadi salah satu bagian yang penting, Anda bisa membimbing anak Anda untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat mereka.

Berikut ini adalah cara menentukan pilihan kegiatan ekskul untuk si kecil.
  • Ajarkan Anak Mengerti Prioritas

Sebelum memilih kegiatan ekskul, beri pengertian pada anak bahwa yang namanya ekskul adalah kegiatan tambahan. Kegiatan utama anak tetaplah belajar di kelas. Jangan sampai kegiatan ekskul yang mereka ikuti menghambat proses belajar anak.

  • Pilih Ekskul Terbaik

Di sekolah, ada banyak pilihan kegiatan ekskul yang bisa diikuti anak. Untuk membimbing anak memilih salah satu ekskul, duduklah bersama anak Anda. Bicarakan tentang kegiatan yang paling disukai anak. Putuskan berapa kegiatan ekstra yang akan diikutinya. Buatlah pilihan yang terbaik setelah berbicara dengan anak.

  • Perhatikan Waktu Ekskul

Ketika memilih kegiatan ekskul, pikirkan juga berapa banyak waktu yang akan dihabiskan si anak untuk kegiatan tersebut. Jangan sampai anak kelelahan karena terlalu banyak mengikuti kegiatan ekskul.

cara bantu anak pilih ekstrakurikuler

  • Kegiatan Ekskul yang Seimbang

Pastikan anak Anda memilih kegiatan yang seimbang antara aktivitas kelompok dengan aktivitas individual. Ekskul piano dan menyanyi memang hebat, tetapi terkesan lebih soliter. Anak Anda juga harus memilih kegiatan ekskul yang sifatnya berkelompok, misalnya teater.

  • Komitmen Mengikuti Ekskul

Bicaralah pada anak tentang pentingnya komitmen dalam menjalani ekskul. Pastikan anak Anda mengerti bahwa dengan bergabung di sebuah klub atau tim, ia harus punya komitmen. Jangan sampai anak berhenti di tengah jalan karena bosan.

Banyak orang tua tidak begitu memperhatikan pilihan ekskul si anak. Padahal, kegiatan ekskul juga sangat penting untuk mengembangkan minat dan bakat anak. Selain itu, kegiatan ekskul juga bisa menjadi kegiatan penghibur ketika si anak mulai bosan terus-terusan belajar.

Baca juga:

  1. Tujuh Masalah Paling Umum yang Dihadapi Anak di Sekolah
  2. Bakat dan Minat Anak, Apa Bedanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *