Ribut Bicara Soal Uang dengan Pasangan? Coba Cara Ini Yuk Biar Damai!

03 Januari 2021

Ribut Bicara Soal Uang dengan Pasangan? Coba Cara Ini Yuk Biar Damai!

Pembicaraan tentang uang memang pembicaraan yang sensitif. Apalagi jika sudah berkaitan dengan gaji, biaya hidup, dan pengeluaran rumah tangga. Selalu saja ada hal yang bisa membuat bertengkar. Mulai dari tuduhan boros hingga saling menyalahkan karena tidak jujur terhadap pengeluaran masing-masing. Pembicaraan ini pada akhirnya justru bisa memicu keretakan rumah tangga.

Ya, isu keuangan menjadi alasan yang banyak dilontarkan pasangan saat bercerai, seperti yang dilansir dari Home Credit, lembaga jasa keuangan dan pembiayaan. Ketika pasangan suami istri sudah memiliki masalah dengan keuangan, maka mereka sering kali saling menyalahkan.

Walaupun masalah keuangan menjadi hal yang sensitif, tetap saja perlu dibicarakan di dalam rumah tangga. Namun, tentu saja Anda perlu tahu bagaimana memulai pembicaraan ini agar tidak membuat hubungan rumah tangga retak karena pertengkaran. Lalu bagaimana memulainya?

Cara Agar Tidak Ribut Dengan Pasangan Saat Bicara Tentang Uang

1. Pilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat adalah hal utama yang harus Anda lakukan sebelum membicarakan masalah uang dengan pasangan. Hindari memilih waktu saat pasangan terlihat lelah atau sedang kesal terhadap sesuatu, karena hal ini pasti tidak akan berjalan dengan lancar. Sebaiknya pilihlah saat pasangan dan Anda dalam keadaan tenang dan santai. Misalnya saat liburan di rumah. Mintalah waktu sebentar dari pasangan Anda dan mulailah pembicaraan dengan kepala dingin tanpa emosi.

2. Utarakan Maksud dengan Baik

Setelah Anda memilih waktu yang tepat, sebaiknya utarakan maksud Anda dengan baik tanpa emosi dan kesan menyudutkan. Misalnya saat Anda ingin membahas biaya pendidikan anak, mulailah dengan kalimat, “Sayang, kemarin aku baca berita, ternyata biaya masuk TK sekarang ini mahal, aku takut kalau tabungan kita tidak cukup saat Nindy nanti masuk usia sekolah. Kira-kira harus bagaimana ya? Apa perlu kita lakukan pekerjaan sampingan?”

Usahakan untuk mengatakan maksud Anda dengan jelas dan fokuskan pada penyelesaian bukan hanya saling mengeluh yang bisa menimbulkan sikap saling menyalahkan. Berilah penjelasan pada pasangan bahwa saat ini yang paling tepat adalah menyelesaikan masalah bukan mengungkit masalah. Hal ini dilakukan agar kesalahan tentang pengaturan keuangan di rumah tangga Anda tidak tidak muncul ke permukaan.

3. Atur Perencanaan Keuangan

Saat Anda sudah mampu memulai percakapan dengan baik dan tidak ada masalah atau pertengkaran yang muncul, maka lanjutkan dengan perbincangan yang lebih mendalam. Katakan beberapa pendapat Anda untuk menyelesaikan masalah keuangan yang dihadapi. Pasangan Anda tentunya akan mulai menanggapi setiap pendapat yang Anda utarakan.

4. Bersikap Adil

Bersikaplah adil dan jangan menyalahkan pasangan, walaupun Anda tahu kebanyakan pengeluaran dilakukan oleh pasangan. Beri pasangan pengertian bahwa skala prioritas harus tetap diutamakan saat berbelanja. Buatlah batasan-batasan tertentu dalam rencana belanja rumah tangga Anda.

5. Tentukan Solusi Bersama

Setelah Anda dan pasangan mengetahui permasalahan keuangan yang sedang dihadapi, mulailah untuk menentukan solusi bersama. Solusi ini harus disepakati Anda dan pasangan, sehingga tidak ada pihak yang merasa berat atau dirugikan.

6. Atur Rencana Untuk Mencapai Tujuan

Jika Anda dan pasangan sudah menentukan solusi, maka buatlah langkah dan rencana untuk mencapainya bersama. Usahakan untuk membagi peran secara seimbang sehingga solusi yang Anda dan pasangan harapkan segera terwujud.

7. Ambil Jeda

Pembicaraan tentang uang memang tidak bisa dilakukan dalam satu waktu. Butuh waktu beberapa kali untuk membicarakan masalah keuangan Anda dengan pasangan. Untuk itu, Anda bisa mengambil jeda sejenak jika suasana sudah tidak memungkinkan. Misalnya setelah diskusi yang Anda lakukan bersama pasangan mulai mengarah pada pertengkaran. Ambilah waktu sejenak agar Anda dan pasangan bisa saling mengintrospeksi diri. Lakukan diskusi kembali saat suasana lebih tenang. Anda juga bisa melakukannya di hari yang berbeda, saat suasana dan keadaan lebih baik.

Tipe bicarakan masalah uang dengan pasangan

Hal Yang Perlu Dihindari:

X Jangan Langsung Menyalahkan

Hal yang cukup sering dilakukan pasangan jika berkaitan dengan uang adalah saling menyalahkan. Misalnya menyalahkan jika istri lebih boros atau menyalahkan suami yang memiliki gaji atau pendapatan kurang. Nah, sebaiknya hindari hal ini. Menyalahkan tidak akan pernah menyelesaikan masalah

X Jangan Membawa Nama Keluarga

Karena ini adalah rumah tangga Anda, maka sebaiknya hindari mengungkit masalah keluarga pasangan. Misalnya mulai mengungkit bahwa keluarga pasangan tidak pernah membantu dalam urusan keuangan sedangkan keluarga Anda sering membantu.

Tips Bagi Pasangan:

√ Bicarakan Masalah Keuangan secara Berkala

Sebaiknya bicarakan masalah keuangan secara berkala. Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk segera menyelesaikan setiap masalah dengan cepat dan mengontrol perkembangan penyelesaian dari tiap masalah. Anda bisa melakukan perbincangan tentang keuangan tiap sebulan sekali.

√ Akui Kesalahan

Hal yang cukup sulit dilakukan tiap pasangan adalah menyadari kesalahan masing-masing. Untuk itu, sebaiknya selalu lakukan introspeksi diri terkait masalah keuangan yang muncul di dalam keluarga. Misalnya Anda lebih boros dari pada pasangan dalam hal membeli kosmetik atau sering membeli makan di luar.

√ Maafkan Pasangan

Jika Anda mengetahui masalah keuangan memang ditimbulkan oleh pasangan, maka maafkan pasangan. Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan termasuk Anda. carilah solusi yang terbaik untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh pasangan. Misalnya saat pasangan terlalu boros membeli makanan di luar karena tidak memiliki waktu memasak atau kurang pandai memasak, maka bantu pasangan Anda dengan cara memasak bersama atau melakukan pekerjaan rumah yang lainnya.

 

Membicarakan masalah uang dengan pasangan memang bisa menjadi pemicu pertengkaran. Untuk itu waktu yang diambil untuk berdiskusi menjadi salah satu kunci. Sebaiknya mulai lakukan pembicaraan tentang keuangan secara berkala untuk menghindari masalah keuangan yang menumpuk. Hal terpenting dalam membicarakan tentang uang dengan pasangan adalah menghindari konflik dan sikap saling menyalahkan. Jangan lakukan hal-hal tertentu saat bertengkar dengan pasangan. Misalnya memposting kesalahan pasangan di media sosial.

Baca Juga:

  1. Mengelolah Keuangan Keluarga, Baiknya Suami atau Istri?
  2. Menghindari Drama “Keuangan” di Tanggal Muda
Bagaimana Menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
Share with love